Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Likuiditas terhadap pembiayaan Mudharabah pada PT. Bank Syariah Mandiri periode 2013-2017

Syam, Muhamad (2020) Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Likuiditas terhadap pembiayaan Mudharabah pada PT. Bank Syariah Mandiri periode 2013-2017. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri merupakan lembaga keuangan yang berfungsi sebagai penghimpun dana (funding) dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya (lending) kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Sumber dana terbesar berasal dari masyarakat yaitu dana pihak ketiga (Giro Wadi’ah, Tabungan Wadi’ah dan Mudharabah serta Deposito Mudharabah) tentu saja sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai penghimpun dana dari masyarakat. Sebagai lembaga keuangan, maka dana merupakan masalah bank yang paling utama. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Seberapa besar pengaruh dana pihak ketiga terhadap pembiayaan mudharabah secara parsial di PT Bank Syariah Mandiri Periode 2013-2017? Seberapa besar pengaruh Likuiditas terhadap pembiayaan mudharabah secara parsial di PT Bank Syariah Mandiri Periode 2013-2017? Seberapa besar pengaruh dana pihak ketiga dan likuiditas secara simultan terhadap pembiayaan mudharabah di PT Bank Syariah Mandiri Periode 2013-2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh dana pihak ketiga terhadap pembiayaan mudharabah secara parsial di PT Bank Syariah Mandiri Tahun 2013-2017. Seberapa besar pengaruh likuiditas terhadap pembiayaan mudharabah secara parsial di PT Bank Syariah Mandiri Tahun 2013-2017. Seberapa besar pengaruh dana pihak ketiga dan likuiditas secara simultan terhadap pembiayaan mudharabah di PT Bank Syariah Mandiri Tahun 2013-2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka-angka yang dalam perhitungannya menggunakan metode statistik SPSS versi 20. Metode-metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji signifikansi simultan (uji statistik F), koefesien determinasi R2, dan uji signifikansi parameter individual (uji statistik t). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial dana pihak ketiga dan tingkat likuiditas memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Pembiayaan Mudharabah. Hasil T hitung variabel Dana Pihak Ketiga sebesar - 6,285 dan koefisien regresi variabel Dana Pihak Ketiga menunjukkan angka negatif sebesar -2,630. Sedangkan variabel tingkat Likuiditas memiliki hasil T hitung -6,022 dan koefisien regresi variabel tingkat Likuiditas menunjukkan angka negatif sebesar -14,769. Secara simultan variabel Dana Pihak Ketiga dan tingka likuiditas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Pembiayaan Mudharabah. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung > F tabel (31,579 > 3,315) maka hipotesis ha diterima. Dari kedua variabel bebas yang digunakan dalam penelitian, variabel tingkat Likuiditas memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap tingkat rasio pembiayaan Mudharabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: DPK; Likuiditas; Mudharabah
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: muhamad syam
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:07
Last Modified: 14 Jan 2021 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36266

Actions (login required)

View Item View Item