Rahayu, Shinta Sri (2021) Pengaruh pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi terhadap kualitas pelayanan publik pada bagian kesekretariatan di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
Abstract
Sumber daya manusia adalah unsur utama yang menunjang keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai akhir dari semua perencanaan. Hal tersebut berlaku untuk setiap organisasi atau instansi yang ada di Indonesia. Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu instansi yang didalamnya terdapat beberapa bidang kerja salah satunya yaitu bagian kesekretariatan yang berfungsi untuk memberikan pelayan kepada publik. Namun, pada kenyataannya bagian kesekretariatan ini masih memiliki sumber daya manusia yang kurang kompeten dalam memberikan pelayanan publik. Dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat yang mendapatkan pelayanan masih jauh dari yang diharapkan. Maka dari itu perlu dilakukan sebuah tindakan, yakni memaksimalkan pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi guna memperbaiki kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh memberi kesempatan kepada pegawai untuk menyumbangkan ide terhadap kualitas pelayanan, menganalisis pengaruh pemberian Reward dan Punishment terhadap kualitas pelayanan publik, menganalisis pengaruh mengupayakan berbagai pelatihan terhadap kualitas pelayanan publik dan Untuk Menganalisis seberapa besar pengaruh pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat. Teori yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi yang dikemukakan oleh Basri dan Rusdiana (2015 : 23) yang memiliki tiga aspek kuci utama dalam pengembangan sumber daya manusia yaitu (1) Memberi kesempatan kepada pegawai untuk menyumbangkan ide, (2) Pemberian Reward dan Punishment. (3) Mengupayakan berbagai pelatihan dan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kausalitas. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 34 orang pegawai pada bagian kesekretariatan di Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat yang tercatat aktif dengan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel yang menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai thitung pada uji t sebesar atau 4,129 dengan ttabel 2,036 dengan taraf signifikansi yang dihasilkan 0,000 dengan ketentuan signifikansi < 0,05. Yang berarti bahwa variabel (X) berpengaruh terhadap variabel (Y). Pada hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui nilai r2 sebesar 0,348 atau 34,8%. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan publik sebesar 34,8% sisanya 65,2 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan sumber daya manusia;kompetensi;kualitas pelayanan publik |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Shinta Sri Rahayu |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 01:59 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36335 |
Actions (login required)
View Item |