Peran pondok pesantren Mahfudiyatul Islamiyah terhadap kualitas keagamaan masyarakat Karasak: Penelitian di Desa Cisempur kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Qusyaeri, Apap Ahmad (2020) Peran pondok pesantren Mahfudiyatul Islamiyah terhadap kualitas keagamaan masyarakat Karasak: Penelitian di Desa Cisempur kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga keagamaan Islam yang mempunyai peran dan fungsi terhadap peningkatan dalam pengembangan keagamaan masyarakat sehingga hal ini mempengaruhi terhadap peningkatan sumber daya manusia dan prilaku sosial masyarakat. Hadirnya pesantren ditengah-tengah masyarakat yang mana dari masyarakat untuk masyarakat terlah memberikan berbagai peran terhadap masyarakat.Pondok Pesantren Mahfidayatul Islamiyah yang sudah berdiri cukup lama di Kampung Karasak Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang telah memberikan berbagai peran terhadap kehidupan masyarakat sekitiar, terkhusus dalam kualitas keagamaan masyarakat Kampun Karasak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dari Pondok Pesantren Mahfidiyatul Islmaiyah Terhadap Kualitas keagamaan masyarakat. Kondisi keagamaan Islam masyarakat sekitar, ritual keagamaan Islam masyarakat setelah adanya Pondok Pesantren, serta aspek sosial keagamaan Islam masyarakat setelah adanya Pondok Pesantren. Kerangka pemikiran yang digunakana adalah teori peranGorys Kerap yaitu pengaruh yang kuat dari seseorang atau kelompok orang didalam menjalankan tugas dan kedudukannya sesuai dengan status dalam masyarakat, sehingga akan membawa perubahan positive atau negative. Dan mengenai kualitas keagamaan, bersandar pada teori dimensi-dimensi keagamaan,dari lima dimensi yang ada penelitian ini hanya menekankan pada dua dimensi saja yaitu, dimensi praktek agama atau ibadah (The ritualistic dimension), dan dimensi pengetahuan (The intellectual dimension). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi dan situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada dimasyarakat yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukandengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data digunakan dengan reduksi data dan penafsiran logika yang dihubungkan dengan kontek Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Mahfidiyatul Islmaiyah telah memberikan berbagai peran keagamaan masyarakat. Adanya peningkatan terhadap ritual keagamaan seperti solat, puasa, zakat, banyaknya pengajian, peningkatan terhadap baca tulis al-qur’an serta terhadap aspek-aspek sosial yang mana semuanya ini mengarah terhadap perubahan yang positif. Secara umum maka dapat disimpulkan bahwa hadirnya Pondok Pesantren Mahfidayatul Islamiyah telah memberikan peran positif terhadap masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pondok pesantren; kualitas keagamaan masyarakat;
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: apap ahmad Qusyaeri
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:57
Last Modified: 21 Jan 2021 06:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36338

Actions (login required)

View Item View Item