Pengaruh keadilan organisasional terhadap kinerja karyawan : Studi kasus pada karyawan PT. Adhimix Precast Indonesia Plant Bandung Timur

Setioningsih, Mega Agustina (2020) Pengaruh keadilan organisasional terhadap kinerja karyawan : Studi kasus pada karyawan PT. Adhimix Precast Indonesia Plant Bandung Timur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi saat ini sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting di dalam perusahaan. Daya saing organisasi atau perusahaan sepenuhnya tergantung dari sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan, maka pentingnya pengelolaan sumber daya manusia dengan baik sehingga dapat mencapai tingkat profitabilitas perusahaan. Perusahaan besar yang sekarang ini semakin terus meningkat hendaknya diimbangi dengan kinerja perusahaan yang terus meningkat, di samping faktor yang lain seperti teknologi, operasional dan lainnya. Untuk menilai kinerja itu berkualitas di dalam perusahaan, perlu adanya faktor-faktor yang mendukung kinerja lebih meningkat, salah satunya ialah faktor keadilan. Faktor keadilan organisasional merupakan salah satu faktor penting di dalam organisasi tujuannya untuk meningkatkan kinerja karyawan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah keadilan distributif berpengaruh terhadap kinerja karyawan, (2) Apakah keadilan prosedural berpengaruh terhadap kinerja karyawan, (3) Apakah keadilan interaksional berpengaruh terhadap kinerja karyawan, (4) Apakah keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan interaksional berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan. Untuk menjawab pertanyaan penelitian diatas peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik Simple Random Sampling proses pengambilan data dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi tersebut. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini sejumlah 76 karyawan, dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Pembahasan Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh keadilan distributif terhadap kinerja karyawan, diperoleh nilai t hitung < t tabel (1,130 < 1,666) maka Ho diterima dan Ha ditolak, (2) terdapat pengaruh keadilan prosedural terhadap kinerja karyawan, diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,260 > 1,981) maka Ho ditolak dan Ha diterima, (3) terdapat pengaruh keadilan interaksional terhadap kinerja karyawan, diperoleh nilai t hitung > t tabel (3,567 > 1,981) maka Ho ditolak dan Ha diterima, (4) terdapat pengaruh keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan interaksional secara simultan terhadap kinerja karyawan dengan nilai F hitung > F tabel (34,255 > 3,12).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia; MSDM; Ekonomi; Manajemen; Kinerja Karyawan; Keadilan Organisasi;
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Internal Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mega Agustina Setioningsih
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:56
Last Modified: 19 Jan 2021 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36353

Actions (login required)

View Item View Item