Pengaruh pemberian jenis pupuk kandang dan dosis mikroorganisme lokal (MOL) bonggol pisang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau (vigna radiata l) varietas vima 2

Al Hakim, Lukman (2020) Pengaruh pemberian jenis pupuk kandang dan dosis mikroorganisme lokal (MOL) bonggol pisang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau (vigna radiata l) varietas vima 2. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Kacang hijau merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi namun produksi kacang hijau di Indonesia masih rendah, faktor penyebabnya antara lain yaitu jenis pupuk yang digunakan masih belum sesuai, dosis pupuk yang digunakan masih belum sesuai. Pupuk kandang berfungsi untuk menyediakan hara bagi tanaman, memperbaiki struktur tanah, dan menahan air dalam tanah. MOL (Mikroorganisme lokal) bonggol pisang memiliki sejumlah mikroorganisme yang mampu membantu tanaman menyerap unsur hara yang terdapat di tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi jenis pupuk kandang dan MOL bonggol pisang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau Vima 2 dan untuk mengetahui jenis pupuk kandang dan dosis MOL bonggol pisang yang paling baik bagi pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Kelompok dengan 2 faktor dan 3 ulangan. faktor pertama yaitu jenis pupuk kandang = tanpa pupuk kandang(J0), pupuk kandang ayam (J1), pupuk kandang kambing (J2) dan pupuk kandang sapi (J3). faktor kedua yaitu Dosis MOL bonggol pisang, 0 ml tanaman-1 (M0), 50 ml tanaman-1 (M1) dan 100 ml tanaman-1 (M2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jenis pupuk kandang dan dosis MOL bonggol pisang tidak menunjukkan adanya interaksi namun terdapat pengaruh mandiri oleh jenis pupuk kandang pada parameter tinggi tanaman, jumlah polong pertanaman, jumlah biji pertanaman, berat biji pertanaman, dan indeks panen. Jenis pupuk kandang yang memberikan hasil optimum pada budidaya kacang hijau adalah pupuk kandang ayam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dosis; Kacang Hijau; MOL bonggol pisang ; Pupuk kandang;
Subjects: Farm, Farming > Organization and Management of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Lukman Al Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2021 06:53
Last Modified: 18 Jan 2021 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36376

Actions (login required)

View Item View Item