Konsep toleransi beragama dalam Al-Qur'an

Safitrah, Ilham Munazati (2020) Konsep toleransi beragama dalam Al-Qur'an. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Intoleransi sering terjadi diberbagai daerah dan sudah menyebar di media sosial, kasus pertikaian ini memang suatu hal yang tidak bisa dihindarkan terutama dalam suatau Negara yang majemuk. Hal ini sering disebabkan karena adanya perselisihan antar umat beragama. Ini menjadi hal yang serius dan menjadi perhatian bagi pemerintah. Sikap intoleransi ini muncul karena adanya suatu individu maupun kelompk yang menganggap apa yang mereka yakini adalah menjadi kebenaran yang mutlak. Dari sini masyarakat harus bisa mendefiniskan identitas agamanya juga meyakini bahwa setiap agam itu baik, menjungjung tinggi rasa persaudaraan dan saling memahami bahwa kita bersatu karena adanya perbedaan, sehingga dapat mempengaruhi sikap dan perilakunya terhadap prang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep toleransi beragama di dalam Alquran yang diambil dari beberapa ayat dan surat dalam Alquran yang menjelasakan bagaimana menyikapi hidup bertoleransi antar umat beragama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tafsir maudhui yang disajikan secara deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan cara menghimpun ayat-ayat Alquran, data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa literatur yang didapatkan dari kitab-kitab atau buku-buku atau penafsiran-penafsiran Alquran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakaan (library research) seperti buku, jurnal, artikel dan kitab. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode induksi yang berdasarkan pada pengamatan terhadap hal-hal yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan dari yang bersifat umum. Di dalam hasil penelitian penulis membahas ayat-ayat yang berkaitan dengan toleransi beragama seperti batasan-batasan dalam bergama yang dijelaskan dalam surat Al-Kafirun dan diperinci lagi dalam surat As-Syura ayat 15 dan surat Yunus ayat 41 juga surat Al-kahfi ayat 29. kemudian adanya larangan menghina Non muslim yang dijelaskan dalam surat Al-Anam ayat 108, tidak ada paksaan dalam memilih agama yang secara rinci jelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 256 dan surat Yunus ayat 99-100, adanya anjuran agar berlaku adil dalam surat Al-Mumtahanah ayat 8, anjuran tolong menolong dalam kebaikan dipaparkan dalam surat Al-Maidah ayat 2 dan surat Al-Hujurat ayat 13. Juga dalam penelitian ini dijelaskan pola hubungan antara surat-surat makiyah dan madaniyah dan dilengkapi beberapa pendapat para mufasir seperti Tafsir Al-Misbah, Ibnu Katsir, Tafsir Al-Wasith juga pendapat para ahli lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konsep Toleransi; Antar Umat Beragama dalam Al-Qur'an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ilham Munazati Safitrah
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:39
Last Modified: 19 Jan 2021 05:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36407

Actions (login required)

View Item View Item