Penerapan metode global untuk meningkatkan kemampuan pemahaman pada mata pelajaran Aqidah akhlak

Hanifah, Aan (2020) Penerapan metode global untuk meningkatkan kemampuan pemahaman pada mata pelajaran Aqidah akhlak. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover-1.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak-1.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I-1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran aqidah akhlak sebelumnya bahwa kemampuan pemahaman siswa kurang terlihat karena perilaku siswa dikelas yang tidak memperhatikan guru ketika proses belajar berlangsung, kejadian tersebut disebabkan karena metode yang diberikan kurang tepat dengan materi yang disampaikan sehingga proses pembelajaran terlihat membosankan dan kurang efektif. Sehingga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman aqidah akhlak digunakan metode global atau metode keseluruhan dengan melihat sesuatu sebagai keseluruhan cara belajar dengan membaca kalimat secara utuh, yang mana siswa akan di fokuskan hanya untuk memahami apa yang di dapat dari bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak sebelum digunakan metode Global, mengetahui penerapan metode Global kepada siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak disetiap siklusnya, serta mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak setelah digunakan metode Global setiap siklusnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan tujuan untuk menyempurnakan atau meningkatkan proses belajar mengajar. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu Metode Global untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Serta menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta kausalitas hubungan-hubungannya, dan pendekatan kualitatif yaitu sebuah proses inquiri yang menyelidiki masalah-masalah sosial dan kemanusiaan dengan tradisi metodologi yang berbeda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Ganze method (metode global) yaitu metode yang digunakan atau diperuntukan pembaca pemula dengan prosedur memperkenalkan bacaan secara utuh, membaca bagian demi bagian bacaaan, dan membaca secara utuh. Istilah lain dari metode global yaitu metode kalimat karena alur proses pembelajaran membaca diperlihatkan melalui metode ini diawali dengan penyajian beberapa kalimat secara global. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman pada mata pelajaran aqidah akhlak sebelum digunakan metode global masih kurang. Setelah diterapkannya metode global mampumeningkatakan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru pada mata pelajaran aqidah akhlakpada tiap siklusnya yang terdiri dari siklus I tindakan I, siklus I tindakan II, siklus II tindakan I, siklus I tindakan II. Kemampuan pemahaman siswa setelah digunakan metode global mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya. Sehingga dapat dinyatakan kelas II MI Al-Khoriyyah Pasir Putih Kabupaten Karawang sudah dinyatakan tuntas karena ketuntasan klasikal belajarnya diatas 75% maka dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode global; kemampuan pemahaman; aqidah akhlak;
Subjects: Education, Research
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Hanifah
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:07
Last Modified: 20 Jan 2021 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36426

Actions (login required)

View Item View Item