Peranan bimbingan keagamaan majelis taklim Safinatussalam dikalangan ibu-ibu di komplek Bumi Harapan Blok Cc Rw.11 Cibiruhilir Kabupaten Bandung

Taofik, Johar (2019) Peranan bimbingan keagamaan majelis taklim Safinatussalam dikalangan ibu-ibu di komplek Bumi Harapan Blok Cc Rw.11 Cibiruhilir Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Manusia sebagai mahluk yang di ciptakan Allah SWT di muka bumi ini yang dijadikan khalifah serta dibekali akal dan fikiran. Manusia sebagai mahluk sosial yang dituntut untuk saling membantu, menolong, membingbing dan saling menasehati.Majelis taklim merupakan salah satu tempat yang potensial bagi kegiatan bimbingan keagamaan serta tempat berkumpul dan berinteraksi, baik antara para jemaahnya maupun antara jemaah dengan pembimbing yang bertujuan menumbuhkembangkan rasa kesadaran beragama pada diri jemaahnya. Penelitian ini mengkaji fenomena aktivitas para pembimbing dalam memberikan materi bimbingan keagamaan terhadap ibu-ibu Majelis Taklim Safinatussalam di Komplek Bumi Harapan Blok CC RW.11 yang meliputi program bimbingan keagamaan, metode bimbingan keagamaan dan pelaksanaan program bimbingan keagamaan. Hasil dari pelaksanaan program bimbingan keagamaan serta factor penunjang dan penghambat juga menjadi bagian yang dianalisis. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis bahwa kaum ibu-ibu majelis taklim Safinatussalam memiliki berbgai masalah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah dengan bimbingan keagamaan yang dalam proses pelaksanannya ibu-ibu dibimbing dan diarahkan oleh pembimbing dengan program bimbingan keagamaan yang ada. Bimbingan keagamaan memiliki unsure saling berkaitan yang terdiri dari pembimbing, terbimbing, metode, materi , media, lingkungan dan feedback. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk mengambarkan secara sistematis fakta di lapangan dari hasil pengamatan secara langsung dan karakteristik populasi mengenai pelaksanaan bimbingan keagamaan di Majelis Taklim Safinatussalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan kemudian diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pelaksanaan bimbingan keagamaan metode yang digunakan adalah metode ceramah dan Tanya jawab. Materi yang disampaikan menyangkutaAqidah, Fiqih, Muamalah, Ahklak dan Tajwid. Sedangkan media yang digunakannya itu papan tulis, dan gambar (charta).Yang menjadi faktor penghambat adalah kurang minatnya masyarakat dalam mengkuti bimbingan keagamaan dan tidak tertarik dengan program bimbingan keagamaan. Sedangkan factor penunjang adalah sarana dan prasarana serta lingkungan yang kondusif serta dukungan dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan keberadaan Majelis Taklim Safinatussalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Keagamaan; Ibu-Ubu Majlis Taklim Safinatussalam
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: johar taofik
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:52
Last Modified: 21 Jan 2021 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36435

Actions (login required)

View Item View Item