Firdaus, Bagus Akbar (2020) Pengaruh tindakan Bullying terhadap sikap siswa: Penelitian tentang sikap siswa Sekolah Menengah Pertama Terpadu Al-Mumin di Sukamantri Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh tindakan bullying terhadap sikap siswa di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Al-Mumin di Sukamantri Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh laporan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahwa pelanggaran hak anak di bidang pendidikan masih didominasi oleh perundungan, yaitu berupa kekerasa fisik, kekerasan psikis dan kekerasan seksual. Tindakan bullying sangatlah berdampak kepada siswa, dan salasatu dampak yang terjadi kepada siswa adalah pengaruh terhadap sikap siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tindakan bullying terjadi di lingkungan Sekolah, seberapa kuat sikap siswa dan seberapa kuat pengaruh tindakan bullying terhadap sikap siswa di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Al-Mumin. Teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial Menurut Max Weber tindakan sosial adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok yang memiliki makna atau arti subjektif bagi individu tersebut atau kelompok. Sedangkan sikap sendiri rentan terpengaruhi oleh baik itu oleh faktor budaya, pengalaman pribadi, Orang Lain yang Dianggap Penting, Media Massa, Lembaga Pendidikan dan Agama, dan Faktor Emosi dalam Diri. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif, Peneliti bermaksud menggunakan statistik paramererik dikarenakan data yang di olah berbentuk interval serta bersumbur dari sampel yang acak (random) dan menhasilkan data yang menggeneralisasi hasil penelitian Berdasarkan hasil analisis penelitian pada nilai TCR mendapatkan hasil 56% ini membuktikan bahwa tindakan bullying di SMP Terpadu Al-Mumin berada di kategori sedang. Berdasarkan hasil analisisi data nilai TCR mendapatkan hasil 70% ini membuktikan bahwa sikap siswa di SMP Terpadu Al-Mumin berada di kategori tinggi. Dari hasil analisis data Pengaruh tindakan Bullying terhadap sikap siswa di SMP Terpadu Al-Mumin secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap siswa sebesar 11%. Pengaruh tindakan bullying diperoleh melalui nilai Fhitung sebesar 8,847, Ftabel dengan nilai signifikansi 0,004, hasil uji F ini menujukan bahwa nilai probabilitas 0,004 lebih kecil dari α = 0,05 atau 0,004<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya tindakan bullying mampu mempengaruhi sikap siswa di SMP Terpadu Al-Mumi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindakan Bullying;Sikap Siswa |
Subjects: | Causation Criminology > Child Abuse Education > Ethical Education Education > Psychology of Education Education > Sociology of Education Education > Miscellany of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Bagus Akbar Bagus |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 03:18 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36468 |
Actions (login required)
View Item |