Kurnia, Ismi Novi (2020) Kualitas pelayanan bidang Perpustakaan di Balai Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Keagamaan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
Abstract
Balai Diklat Keagamaan Bandung merupakan salah satu lembaga unit pelaksana teknis dalam bidang diklat, lebih jelasnya yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tenaga administrasi dan tenaga teknis keagamaan yang sesuai dengan wilayah kerja masing-masing. Demi menunjang kegiatan penyelengaraan tersebut, maka Balai Diklat menyediakan salah satu sarana pelayanan informasi yakni perpustakaan. Tugas perpustakaan tidak hanya sekedar memberikan informasi ataupun tempat penyimpanan dan peminjaman buku, akan tetapi perpustakaan mempunyai tugas pelayanan yang lebih luas. Disamping melayani pengunjung atau pemustaka, pelayanan perpustakaan juga menyediakan penyediaan bantuan dan fasilitas demi mempermudah pengunjung untuk memperoleh informasi yang diperlukannya dengan cepat dan mudah. Akan tetapi pada kenyataannya di perpustakaan Balai Diklat Keagamaan Bandung terkait dengan jumlah pegawai hanya terdapat satu orang saja dan itupun bukan pustakawan yang memang memiliki kompetensi yang diperolehnya melalui pendidikan. Selain itu masih terdapat buku yang tidak sesuai dengan penempatannya. Dengan demikian hal tersebut akan mempengaruhi pada kualitas pelayanan yang akan diberikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Zeithaml-Parasuraman-Berry dalam Pasolong (2014:135), menyatakan bahwa terdapat dimensi yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui kualitas dari suatu pelayanan yaitu Tangibles (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsive (Ketanggapan), Assurance (Jaminan) dan Emphaty (Empati).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan bidang perpustakan di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana terdiri dari satu variabel yakni variabel independen atau bebas yaitu kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini mendeskripsikan atau menggambarkan mengenai kualitas pelayanan bidang perpustakaan di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan bidang perpustakaan di Balai Diklat Keagamaan Bandung belum optimal, hal ini ditandai dengan tingkat kedisiplinan yang kurang diperhatikan, kecermatan dalam memberikan pelayanan masih kurang, respon atau ketanggapan masih kurang, layanan yang diberikan disesuaikan dengan situasi dan kondisi dan belum adanya jaminan tepat waktu dalam pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Perpustakaan; Balai Diklat Keagamaan Bandung |
Subjects: | Administration of The Physical Plant General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Ismi Novi Kurnia |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 03:42 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36477 |
Actions (login required)
View Item |