Dakwah kuliner: Analisis pesan dakwah dalam channel youtube Hobby Makan

Fitria, Dita (2020) Dakwah kuliner: Analisis pesan dakwah dalam channel youtube Hobby Makan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisipdf.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Media penyampai pesan dakwah saat ini sudah berkembang pesat seorang da’i dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam menyampaiakan dakwahnya.Salah satunya melalui Media Sosial. Pemanfaatan media sosial seperti YouTube saat ini bukan hanya digunakan hanya untuk hiburan tetapi juga dimanfaatkan sebagai media dakwah. Dari banyaknya channel YouToube ada channel YouTube yang bernama Hobby Makan yang menyebarkan pesan dakwah melalui kuliner dengan cara yang menarik dalam kontetnnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana isi pesan dakwah tentang akidah,syariah dan ahlak yang terdapat dalam channel YouTube Hobby Makan. Selain itu penelitian ini juga mencari tahu bagaimana penyajian pesan dalam media sosial YouTube. Penelitian ini didasarkan pada konsep pesan dakwah dari Wahyu Illahi yaitu tentang akidah, syariah dan ahlak.Penelitian ini juga dilengkapi oleh teori Computer Mediated Communication. Teori ini dikenalkan oleh McLuhan pada tahun 1962, maksud dari teori ini adalah komunikasi antar dua orang atau lebih melalui komputer atau jaringan komputer sebagai medianya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis isi dan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari duapuluh unggahan channel YouToube yang diteliti dari 2019 hingga September 2020. Pesan akidah yang terdapat dalam channel YouTube Hobby Makan ditemukan pesan tentang keimanan kepada Allah serta Qada dan Qadar, sedangkan pesan dakwah tentang syariah ditemukan pesan tentang ibadah shalat,ibadah puasa,pesan makanan halal, pesan berhijab dan pesan umrah , Adapun pesan dakwah tentang ahlak ditemukan pesan ahlak terhadap manusia dan pesan bersedekah. Lalu terdapat bentuk penyajian pesan dakwah yang lebih dominan yang dilengkapi dengan data yaitu pesan persuasif dengan kata ajakan dan himbauan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Kuliner; YouTube;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dita Fitrua
Date Deposited: 25 Jan 2021 07:12
Last Modified: 25 Jan 2021 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36512

Actions (login required)

View Item View Item