Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media manipulatif dengan kemampuan mengenal konsep bilangan: Penelitian di kelompok A Raudhatul Athfal Al Hidayah Kecamatan Pangandaran

Latifah, Silfi Nurmalia (2020) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media manipulatif dengan kemampuan mengenal konsep bilangan: Penelitian di kelompok A Raudhatul Athfal Al Hidayah Kecamatan Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terjadi di kelompok A RA Al Hidayah Kecamatan Pangandaran, peneliti memandang masih terdapat beberapa anak yang kemampuan mengenal konsep bilangannya harus dilatih. Hal ini terlihat ketika anak ditanya mengenai lambang bilangan dengan menggunakan media manipulatif masih terdapat beberapa anak yang ragu dan kesulitan dalam menjawab lambang bilangan 1-10 serta rendahnya rasa ingin tahu anak yang menjadi salah satu faktor penghambat. Tujuan dari penelitian ini dalam untuk mengetahui (1) Aktivitas anak pada penggunaan media manipulatif di kelompok A RA Al Hidayah Kecamatan Pangandaran; (2) Kemampuan mengenal konsep bilangan anak di kelompok A RA Al Hidayah Kecamatan Pangandaran; (3) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media manipulatif dengan kemampuan mengenal konsep bilangan di kelompok A RA Al Hidayah Kecamatan Pangandaran. Berdasarkan hal tersebut, terdapat hubungan pada aktivitas anak dalam penggunaan media manipulatif dengan kemampuan mengenal konsep bilangan. Hal ini dikarenakan dalam aktivitas penggunaan media manipulatif, anak diberikan kesempatan untuk memanipulasi benda secara konkret dan juga memudahkan dalam memahami konsep yang abstrak terutama dalam hal konsep bilangan serta memudahkan guru dalam menjelaskan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A RA Al Hidayah Kecamatan Pangandaran yang berjumlah 21 orang anak pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan unjuk kerja. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas anak pada penggunaan media manipulatif diperoleh skor rata-rata 2,87 dikategorikan sedang karena berada pada skala interval 2,60 – 3,39. Sedangkan kemampuan mengenal konsep bilangan diperoleh skor rata-rata 3,42 dan dikategorikan tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas anak pada penggunaan media manipulatif dengan kemampuan mengenal konsep bilangan di kelompok A RA Al Hidayah Kecamatan Pangandaran dengan hubungan yang sangat kuat pada koefisien korelasi sebesar 0,85 yang berada pada interval 0,800 -1,000. Adapun kontribusi yang diberikan aktivitas anak pada penggunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan sebanyak 72% dan sisanya 28% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; media manipulatif; kemampuan konsep bilangan
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: silfi nurmalia latifah
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:17
Last Modified: 27 Jan 2021 01:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36570

Actions (login required)

View Item View Item