Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler kerohanian Islam hubungannya dengan akhlak mereka disekolah : Penelitian ini pada siswa kelas VIII di SMPN 56 kota bandung

Hadiansyah, Novan (2020) Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler kerohanian Islam hubungannya dengan akhlak mereka disekolah : Penelitian ini pada siswa kelas VIII di SMPN 56 kota bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMPN 56 Bandung ada Kegiatan Rohis yang diadakan setiap hari rabu setetelah beres jam pembelajaran di kelas. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas VIII. Tujuan kegiatan Rohis adalah untuk ”membelajarkan peserta didik untuk kreatif, inovatif, mandiri, bertanggung jawab serta berwawasan luas dan terciptanya generasi berakhlak mulia”. Kegitan rohis diisi oleh materi-meteri diantaranya berupa kajian keislama, pembelajaran al-qur’an, pablic speaking dan kerohanian. Secara umum siswa mengikuti kegitan tersebut dengan penuh tanggung jawab. Maka dari itu Penulis tertarik terhadap pengaruh kegiatan ekstrakurikuler rohis terhadap akhlah siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) bagaimana aktivitas siswa mengikuti ektrakulikuler kerohanian islam (ROHIS) di SMPN 56 Bandung. (2) bagaimana Akhlak siswa di SMPN 56 bandung. (3) bagaimana hubungan ektrakulikuler rohis dengan Akhlak siswa di SMPN 56 Bandung. Kerangka pemikiran dari pemikiran ini yaitu, berdasarkan pada suatu pemikiran bahwa aktivitas seseorang pada suatu kegiatan secara umum akan berpengaruh pada aspek lainnya. Sebagaimana aktivitas siswa mengikuti kegiatan rohis diasumsikan berpengaruh terhadap akhlak mereka. maka hipotesis dari dari penelitian ini semakin baik akktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler rohani islam maka semakin baik pula akhlak mereka disekolah. Maka hipotesisnya terdapat hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler islm dengan akhlak mereka. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif korelasi. Alat pengumpul data yang digunakan angket, observasi dan studi pustaka. Jumlah responden 28 siswa dari kelas VIII yang mengikuti ekstrakurikuler rohani Islam. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistika. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas siswa mengikuti ektrakurikuler rohani islam termasuk pada kategori baik, hal ini ditunjukan oleh rata-rata seluruh indikator variabel X sebesar 3,75. Angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19. Dilihat dari normalitas distribusinya, variabel X (aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohani islam) berdistribusi normal. (2) Akhlak mereks disekolah termasuk pada kategori cukup, hal ini ditunjukan oleh rata-rata keseluruhan indikator variabel Y sebesar 3,37. Angka tersebut berada pada interval 2,60 – 3,39. Dilihat dari normalitas distribusinya variabel Y, (akhlak mereka disekolah) berdistribusi tidak normal. (3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohani islam dengan akhlak mereka sehari hari sebesar 0,38 dengan kategori lemah. Dengan derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y mampu mempengaruhi atau menjelaskan sebesar 15%, sedangkan sisanya sebesar 85% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ekstrakurikuler; Rohani Islam; AkhlaK
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hadiansyah Novan
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:02
Last Modified: 27 Jan 2021 05:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36575

Actions (login required)

View Item View Item