Analisis kompetensi pegawai di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (PUSKIM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Widyiasari, Annisa (2021) Analisis kompetensi pegawai di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (PUSKIM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah adalah salah satu dari unsur sebuah negara yang berperan sebagai pengemban amanat dituntut untuk dapat memberikan pelayanan terbaik untuk publik. Tercapainya pelayanan yang baik salah satu faktor yang diperlukan adalah sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang baik. Salah satu instansi pemerintah yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (PUSKIM) yang merupakan institusi penelitian yang dimana pegawai harus memiliki kompetensi yang baik untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang perumahan dan permukiman. Maka dari itu, pegawai yang bekerja di kantor PUSKIM memiliki kompetensi yang baik agar dapat melaksanakan tugasnya. Namun data yang diperoleh oleh peneliti yaitu Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS 2019 di kantor PUSKIM menunjukkan terdapat pegawai yang tidak sesuai antara jabatan dengan latar belakang pendidikannya. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menganalisis kompetensi pegawai di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman. Tujuan untuk mengetahui motif pegawai, karakteristik pribadi pegawai, konsep diri dan nilai-nilai pegawai , pengetahuan pegawai, dan keterampilan pegawai di kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (PUSKIM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori kompetensi dari Spencer & Spencer (1993) dalam (Sudarmanto 2015). Menurut Spencer & Spencer untuk melakukan mengukur kompetensi dapat dilihat dari motif, karakteristik pribadi, konsep diri dan nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta tidak menekankan generalisasi, melainkan kedalaman informasi. Dimana analisis kompetensi pegsawai di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman yang dijelaskan dan dianalisa dengan metode SWOT. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam motif pegawai PUSKIM dapat memahami kedudukan dalam struktur organisasi, memahami tujuan yang ditetapkan, dan menjalin hubungan sosial yang baik. karakteristik pribadi yang konsisten dalam menghadapi situasi dan kondisi ketika bekerja, memiliki kepercayaan diri dan penyesuaian diri untuk melaksanakan pekerjaan. Konsep diri dan nilai-nilai pegawai yang memiliki sikap atau perilaku yang baik. Pengetahuan pegawai yang mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan saat bekerja dalam bidang spesifiknya. Keterampilan pegawai yang mampu mengerjakan tugas dengan baik sesuai arahan atasan dan menerima motivasi yang diberikan atasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kompetensi; pegawai; Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Annisa Widyiasari
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:02
Last Modified: 27 Jan 2021 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36620

Actions (login required)

View Item View Item