Penerapan Model Siklus Belajar 5E terhadap Pemahaman Konsep Biologi Umum dan Kemampuan Aplikasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi

Kurniati, Tuti (2015) Penerapan Model Siklus Belajar 5E terhadap Pemahaman Konsep Biologi Umum dan Kemampuan Aplikasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal MiPA, 20 (1). pp. 60-64. ISSN 2443-3616

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_SIKLUS_BELAJAR_5E_TERHADAP_PEMAHAM.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tuti Peer 1&2_Penerapan Model Siklus Belajar 5E Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Umum Dan Kemampuan Aplikasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi.pdf

Download (994kB) | Preview
Official URL: http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.564

Abstract

Pergeseran paradigma pendidikan dan perkuliahan menyebabkan perkuliahan mulai mengarah pada konstruktivistik, yaitu perkuliahan yang berpusat pada mahasiswa (student-centered). Siklus Belajar 5E (learning cycle) merupakan salah satu model perkuliahan yang berbasis konstuktivistik yaitu perkuliahan yang menekankan bahwa mahasiswa sendirilah yang akan membangun pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan aplikasi sains mahasiswa antara kelas yang menggunakan Model Siklus Belajar 5E dibanding kelas kontrol pada perkuliahan Biologi Umum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui uji-t sampel berpasangan (paired sample t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan aplikasi sains yang signifikan antara kelompok yang menggunakan Model Siklus Belajar 5E dibanding kelas kontrol. Rata-rata skor postes pemahaman konsep dan kemampuan aplikasi sains mahasiswa di kelas yang menggunakan Model Siklus Belajar 5E lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: biologi umum, kemampuan aplikasi sains, Model Siklus Belajar 5E, pemahaman konsep
Subjects: Biology
Biology > General Publications of Biologi
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 28 Jan 2021 19:47
Last Modified: 02 Feb 2021 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36675

Actions (login required)

View Item View Item