Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ceramah keagamaan hubungannya dengan sikap sosial mereka di sekolah : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung

Sidiq, Asep Purnama (2020) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ceramah keagamaan hubungannya dengan sikap sosial mereka di sekolah : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yakni terjadinya ketimpangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ceramah keagamaan cukup tinggi, namun disisi lain sikap sosial sebagian siswa masih menunjukan kurang baik seperti masih adanya siswa yang lebih mengedepankan sikap individualitas, kurangnya rasa tanggung jawab, dan kurangnya kerjasama. Adapun contah yang tampak pada saat peneliti melakukan observasi yaitu siswa membuang sampah sembarangan, mengabaikan teguran guru, dan kurang peduli terhadap teman yang mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa kelas VII SMP Mekar Arum dalam mengikuti kegiatan ceramah keagamaan 2) Realitas sikap sosial siswa kelas VII SMP Mekar Arum di sekolah 3) Hubungan aktivitas siswa kelas VII SMP Mekar Arum dalam mengikuti kegiatan ceramah keagamaan dengan sikap sosial mereka di sekolah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran yang menyatakan bahwa sikap sosial siswa di sekolah salahsatunya dapat dipengaruhi oleh aktivitas pembiasaan yang positif. Aktivitas yang positif salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan keagamaan yang ada di sekolah seperti kegiatan ceramah keagamaan. Dari uraian tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara siswa yang mengikuti kegiatan ceramah keagamaan dengan sikap sosial mereka di sekolah artinya semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti kegiatan ceramah keagamaan maka akan semakin positif sikap sosial mereka di sekolah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan sampel sebanyak 45 siswa kelas VII SMP Mekar Arum. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan ceramah keagamaan termasuk kedalam kategori tinggi berdasarkan skor 3,55 yang berada pada rentang 3,40 – 4,19. 2) Realitas sikap sosial siswa di sekolah termasuk kedalam kategori tinggi berdasarkan skor 3,54 yang berada pada rentang 3,40 – 4,19. 3) Hubungan antara keduanya menunjukan: a) koefisien korelasi antara variabel X dan Y berkategori tinggi, berdasarkan skor 0,90 angka tersebut berada pada rentang 0,71 - 0,90. b) Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 13,70 dan ttabel = 1,68 dimana thitung (13,70) > ttabel (1,68) dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. c) Hasil analisis kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 57% artinya masih terdapat 43% faktor lain yang mempengaruhi sikap sosial siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ceramah Keagamaan; Sikap Sosial Siswa;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asep purnama sidiq
Date Deposited: 29 Jan 2021 04:22
Last Modified: 29 Jan 2021 04:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36680

Actions (login required)

View Item View Item