Pengaruh aksesibilitas laporan keuangan dan desentralisasi pelayanan publik terhadap kualitas laporan keuangan berdasarkan PSAK 109 pada Lembaga Amil Zakat Nasional Pusat Zakat Umat Bandung

Hafni, Risna Nurhaida (2020) Pengaruh aksesibilitas laporan keuangan dan desentralisasi pelayanan publik terhadap kualitas laporan keuangan berdasarkan PSAK 109 pada Lembaga Amil Zakat Nasional Pusat Zakat Umat Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

Mengingat potensi dana ZIS di Indonesia sangat besar, persaingan dalam memberikan pelayanan yang terbaik dalam menghimpun, mendistribusikan, serta mendayagunakan sebagaimana yang tertera dalam payung hukum UU No. 23 Tahun 2011 semakin ketat. Meningkatnya kebutuhan dan tuntutan dalam organisasi atas laporan keuangan, untuk menjadi laporan yang akuntabilitas serta aksesibilitas yang memudahkan para stakeholder guna mengetahui informasi pertanggungjawaban atas penggunaan dana. Begitupun tak kalah pentingnya dengan system yang digunakan oleh lembaga zakat yakni memegang penuh prinsip pada system desentralisasi yang dipandang terbaik dalam menegaskan betapa pentingnya mendistribusikan dana zakat yang dihimpun pada suatu daerah yang kemudian dikembalikan pada daerah itu juga, sehingga memberi anggapan bahwa permasalahan-permasalahan yang ada, baik itu kemiskinan, kesehatan, ekonomi dan lainnya akan mampu segera dituntaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aksesibilitas laporan keuangan dan seberapa besar pengaruh desentralisasi pelayanan publik terhadap laporan keuangan berdasarkan PSAK 109 di Lembaga Amil Zakat Nasional Bandung. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan kuantitatif dengan menggunakan metode structural equating modeling partial least square (SEM-PLS). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa koefisien jalur dari orginal sample (beta) menunjukkan nilai sebesar 0.726 dalam variabel aksesibilitas laporan keuangan dan desentralisasi pelayanan publik terhadap kualitas laporan keuangan berdasarkan PSAK 109. Nilai tersebut memberikan gambaran satu arah atau memberikan dorongan yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan berdasarkan PSAK 109.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas laporan keuangan; Desentralisasi Pelayanan Publik; PSAK 109
Subjects: Econmics
Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Risna Nurhaida Hafni
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:07
Last Modified: 01 Feb 2021 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36691

Actions (login required)

View Item View Item