Malihah, Vina (2020) Pembuatan game pembelajaran Chemanji berbasis Augmented Reality (AR) pada konsep geometri molekul. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
Abstract
Ilmu kimia memerlukan kemampuan pemahaman berupa fenomena makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Namun kurangnya strategi memahami konsep pada tingkat submikroskopik, mengakibatkan pemahaman konsep kimia menjadi tidak utuh. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan alat bantu yang mampu memberikan visualisasi terhadap konsep yang bersifat abstrak. Penggunaan papan permainan Chemanji yang mengkolaborasikan teknologi AR diharapkan dapat memvisualisasikan konsep level makroskopik, simbolik dan submikroskopik dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu, untuk menumbuhkan karakter yang unggul dalam permainan jenis tim kompetitif dan kolaboratif tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hasil uji validasi dan mendeskripsikan tampilan produk game pembelajaran Chemanji berbasis Augmented Reality (AR) pada konsep geometri molekul. Metode penelitian yang digunakan adalah Desain Based Research (DBR) yang digunakan untuk menggambarkan tampilan game pembelajaran chemanji berbasis AR melalui flowchart dan storyboard serta angket uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung rata-rata sebesar 0.89 yang menunjukkan bahwa game pembelajaran chemanji berbasis AR dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Pembelajaran ; Chemanji; Augmented Reality (AR); Geometri Molekul |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Inorganic Chemistry Game of Chance > Card Games |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Vina Malihah |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 02:57 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 02:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36700 |
Actions (login required)
View Item |