Pembuatan game pembelajaran Chemanji berbasis Augmented Reality (AR) pada konsep geometri molekul

Malihah, Vina (2020) Pembuatan game pembelajaran Chemanji berbasis Augmented Reality (AR) pada konsep geometri molekul. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Ilmu kimia memerlukan kemampuan pemahaman berupa fenomena makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Namun kurangnya strategi memahami konsep pada tingkat submikroskopik, mengakibatkan pemahaman konsep kimia menjadi tidak utuh. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan alat bantu yang mampu memberikan visualisasi terhadap konsep yang bersifat abstrak. Penggunaan papan permainan Chemanji yang mengkolaborasikan teknologi AR diharapkan dapat memvisualisasikan konsep level makroskopik, simbolik dan submikroskopik dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu, untuk menumbuhkan karakter yang unggul dalam permainan jenis tim kompetitif dan kolaboratif tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hasil uji validasi dan mendeskripsikan tampilan produk game pembelajaran Chemanji berbasis Augmented Reality (AR) pada konsep geometri molekul. Metode penelitian yang digunakan adalah Desain Based Research (DBR) yang digunakan untuk menggambarkan tampilan game pembelajaran chemanji berbasis AR melalui flowchart dan storyboard serta angket uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung rata-rata sebesar 0.89 yang menunjukkan bahwa game pembelajaran chemanji berbasis AR dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Pembelajaran ; Chemanji; Augmented Reality (AR); Geometri Molekul
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Inorganic Chemistry
Game of Chance > Card Games
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Vina Malihah
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:57
Last Modified: 01 Feb 2021 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36700

Actions (login required)

View Item View Item