Penerapan hukum mukhabarah dalam penggarapan sawah dengan sistem Nengah di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung

Solihin, Ujang (2020) Penerapan hukum mukhabarah dalam penggarapan sawah dengan sistem Nengah di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Kerjasama penggarapan sawah menggunakan akad mukhabarah, prakteknya telah dilakukan oleh masyarakat Desa Girimulya, akan tetapi dengan nama yang berbeda. Masyarakat Desa Girimulya menyebutnya dengan istilah nengah sawah, namun dalam prakteknya belum sesuai dengan rukun dan syarat dalam akad mukhabarah, dimana jangka waktu kerjasama ini tidak ditentukan secara jelas, serta pembagian hasilnya tidak ditetapkan ketika akad itu tejadi melainkan dilakukannya nanti setelah panen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pertama, faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya praktek penggarapan sawah dengan sistem nengah sawah di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Kedua, bagaimana pelaksanaan bagi hasil dari penggarapan sawah dengan sistem nengah sawah di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Ketiga, bagaimana tinjauan akad mukhabarah terhadap pelaksanaan penggarapan sawah di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yang penyusun lakukan di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung secara langsung, serta dari literatur terkait. Untuk menarik kesimpulan dari data tersebut penulis menggunakan tehnik analisis isi yaitu kesesuaian antara teori dengan data yang didapatkan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa kerjasama penggaraan sawah yang terjadi pada masyarakat Desa Girimulya, apabila merujuk pada rukun dan syarat akad mukhabarah, yang meliputi orang yang berakad, benih yang akan ditanam, serta lahan yang akan ditanami, maka sudah sah. Akan tetapi ada syarat-syarat lain yang tidak terpenuhi seperti jangka waktu kerjasamanya yang tidak tentu dimana lama tidaknya kerjasama ini tergantung kepada keinginan si pemilik lahan, dan juga mengenai syarat pembagian hasil yang tidak ditentukan pada waktu akad, melainkan ditentukan pada waktu panen. Dengan demikian, maka praktek kerjasama penggarapan sawah yang terjadi pada masyarakat Desa Girimulya tidak sesuai dengan ketentuan akad mukhabarah, karena ada beberapa syarat akadnya yang tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: akad mukhabarah; penggarapan lahan; nengah sawah;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ujang Solihin
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:56
Last Modified: 04 Feb 2021 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36711

Actions (login required)

View Item View Item