Pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap total pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harta Insan Karimah Parahyangan (HIK) Bandung tahun 2016-2018

Marjani, Shinta Noer (2020) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap total pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harta Insan Karimah Parahyangan (HIK) Bandung tahun 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan bank sebagai lembaga intermediasi yang melakukan aktivitas penyaluran dana. Salah satunya melalui pembiayaan.Untuk melaksanakan fungsi intermediasinya maka bank harus berhati-hati dalam menyalurkan pembiayaan sehingga pembiayaan bermasalah bisa terkendali. NPF merupakan salah satu penilaian kuantitatif faktor kualitas asset.NPF bertujuan untuk mengukur tingkat permasalahan pembiayaan yang dihadapi oleh bank.Semakin tinggi rasio ini menunjukkan kualitas pembiayaan bank syariah semakin buruk. Apabila suatu bank memiliki tingkat NPF yang tinggi menyebabkan bank harus membentuk cadangan penghapusan yang lebih besar sehingga dana yang dapat disalurkan lewat pemberian pembiayaan semakin berkurang. Sebaliknya semakin rendah NPF yang dimiliki bank, maka semakin meningkat pembiayaan yang disalurkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat Non Performing Financing (NPF) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah HIK Parahyangan Bandung, (2) mengetahui total pembiayaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah HIK Parahyangan, (3) menganalisis pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap total pembiayaan pada BPRS HIK Parahyangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan triwulan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah HIK Parahyangan periode 2016-2018 yang telah dipublikasikan di ojk.go.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan internet search. Kemudian untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara parsial menggunakan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi person product moment, koefisien determinasi dan uji t. adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 23. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel NPF terdapat Pengaruh dengan nilai t_(hitung ) (1,489) < t_(tabel ) (2,228) dengan nilai signifikansi 0,167 > 0,05. Kontribusi Variabel bebas dalam menjelaskan variable terikatnya adalah 0,181 atau 18,1% sedangkan sisanya sebesar 81,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. maka dapat disimpulkan bahwa H_(0 ) diterima dan H_(a )ditolak yang artinya terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Non Performing Financing (NPF) terhadap Total Pembiayaan di BPRS HIK Parahyangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Pembiayaan Rakyat Syariah; Non Performing Financing (NPF); Total Pembiayaan;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum
Depositing User: shinta noer marjani
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:50
Last Modified: 03 Feb 2021 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36746

Actions (login required)

View Item View Item