Penentuan solusi optimal masalah penugasan menggunakan metode Hungarian Interval baru, metode Divide Column and Subtract One Assignment, dan metode Revised Ones Assignment (ROA)

Putri, Sita Juliana (2020) Penentuan solusi optimal masalah penugasan menggunakan metode Hungarian Interval baru, metode Divide Column and Subtract One Assignment, dan metode Revised Ones Assignment (ROA). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen produksi sering dihadapkan dengan masalah – masalah yang berhubungan dengan alokasi optimal dari berbagai macam sumber daya yang produktif, terutama masalah tenaga kerja. Dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan yang ada setiap karyawan memiliki tingkat kemahiran atau produktifitas yang berbeda-beda sehingga besarnya biaya yang dihabiskan untuk pekerjaan tertentu berbeda antar karyawan yang ada. Masalah ini disebut masalah penugasan (Assignment Problem) yang merupakan bagian dari masalah program linier. Metode Hungarian menjadi metode yang paling sering digunakan untuk menyelesaikan masalah penugasan maka dalam penelitian ini akan digunakan metode – metode baru yaitu metode Interval Hungarian Baru, Metode Divide Column and Subtract One Assignment, dan Metode Revised Ones Assignment (ROA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan solusi yang paling optimal dalam permasalahan penugasan dengan menggunakan ketiga metode tersebut. Berdasarkan penyelesaian masalah penugasan pada keempat studi kasus solusi optimal yang didapat adalah Untuk studi kasus I yang merupakan kasus minimasi matriks tidak seimbang dengan ordo 5x6 metode yang paling optimal yaitu Metode Hungarian interval baru dan Metode Revised Ones Assignment (ROA) dengan solusi optimal sebanyak Rs 38 dan iterasi sebanyak 8 kali. Untuk studi kasus II yang merupakan kasus minimasi matriks seimbang dengan ordo 6x6 metode yang paling optimal adalah Metode Divide Column and Subtract One Assignment dengan solusi optimal 105 menit dan iterasi sebanyak 7 kali. Sementara untuk studi kasus III yang merupakan kasus maksimasi matriks seimbang dengan ordo 8x8 metode yang paling optimal adalah Metode Hungarian Interval Baru dengan solusi optimal 651 dengan iterasi sebanyak 9 kali dan untuk studi kasus IV yang merupakan kasus maksimasi matriks tidak seimbang dengan ordo 9x8 metode yang paling optimal adalah Metode Divide Column and Subtract One Assignment dengan solusi optimal sebanyak 657 dan iterasi sebanyak 7 kali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Riset Operasi; Optimisasi; Masalah Penugasan; Kasus Minimasi; Kasus Maksimasi; Matriks Seimbang; Matriks tidak Seimbang; Metode Hungarian; Metode Hungarian Interval Baru; Metode Divide Column and Subtract One Assignment; Metode Revised Ones Assignment (ROA);
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Sita Juliana Putri
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:57
Last Modified: 25 Feb 2021 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36804

Actions (login required)

View Item View Item