Profil Pemahaman Konsep Calon Guru Fisika pada Materi Gerak Harmonik Sederhana menggunakan Tekhnik CRI yang Dimodifikasi

Mahen, Ea Cahya Septia and Nuryantini, Ade Yeti (2018) Profil Pemahaman Konsep Calon Guru Fisika pada Materi Gerak Harmonik Sederhana menggunakan Tekhnik CRI yang Dimodifikasi. Physics Communication, 2 (1). ISSN 2528-598X

[img]
Preview
Text
Jurnal Nasional Sinta 4 Profil Miskonsepsi Calon Guru Fisika pada Materi Gerak Harmonik Sederhana.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ade Yeti N_Peer Review 1&2_Profil Pemahaman Konsep Calon Guru Fisika pada Materi Gerak Harmonik Sederhana menggunakan Tekhnik CRI yang Dimodifikasi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ade Yeti N_Turnitin_Jurnal 18 Profil Pemahaman Konsep Calon Guru Fisika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pc/artic...

Abstract

Mata kuliah Fisika Dasar memiliki peran penting, khususnya bagi mahasiswa calon guru Madrasah Aliyah di Program Studi Pendidikan Fisika. Namun, pada perkuliahan yang penting ini masih terdapat mahasiswa yang kesulitan pemahaman karena tidak tahu konsep maupun miskonsepsi. Untuk mengetahui hal tersebut, kami menggunakan teknik CRI (Certainty Response Index) yang dimodifikasi untuk menganalisis kesulitan pemahaman konsep mahasiswa calon guru Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain yang dipilih adalah one shoot case study. Deskripsi dan interpretasi statistik digunakan untuk analisis data. Sampel yang dipilih, yaitu seluruh mahasiswa calon guru di Program Studi Pendidikan Fisika semester 1 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 90 orang. Berdasarkan teknik CRI yang dimodifikasi pada materi elastisitas dan gerak harmonik sederhana didapatkan kelompok tidak tahu konsep (36,8%) dan miskonsepsi (32,2%) selanjutnya tahu konsep (28,6%) dan sebagian kecil (2,5%) tahu konsep tetapi kurang yakin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fisika Dasar, Pemahaman Konsep, Certainty Response
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 03 Feb 2021 15:33
Last Modified: 03 Feb 2021 15:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36816

Actions (login required)

View Item View Item