Nuryantini, Ade Yeti (2020) Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Menggunakan Magnetometer pada Smartphone. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8 (1). pp. 67-71. ISSN 2580-5924
|
Text
Jurnal Nasional Sinta 4 Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Menggunakan Magnetometer pada Smartphone.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
Ade Yeti N_Peer Review 1&2_Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Menggunakan Magnetometer pada Smartphone.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
Ade Yeti N_Turnitin_Jurnal 19 Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Untuk memahami konsep gerak harmonik sederhana (GHS) di sekolah menengah atas (SMA) dapat dilakukan melalui percobaan getaran pegas menggunakan magnetometer pada smartphone. Percobaan memerlukan aplikasi magnetometer pada smartphone android, magnet kancing, pegas, plastisin yang akan digunakan sebagai beban, mistar, dan holder stand smartphone. Magnet dan beban digantungkan pada ujung pegas dan ditarik sejauh 2 cm, sehingga pegas bergetar. Percobaan dilakukan untuk lima beban yang berbeda (30-gram, 40-gram, 50-gram, 60-gram, dan 70-gram). Sensor magnetometer yang diletakkan di bawah pegas akan menghasilkan visual GHS dengan menampilkan grafik medan magnet (B) terhadap waktu (t). Melalui grafik B vs t dapat dianalisis pengertian GHS, gaya pemulih, satu getaran penuh, perioda, frekuensi, amplitudo, hubungan perioda dengan massa beban dan menentukan nilai konstanta pegas. Diharapkan pemanfaatan sensor pada smartphone menjadi alternatif metoda percobaan bagi guru dalam menyampaikan konsep abstrak kepada siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | amplitudo, gaya pemulih, konstanta pegas, medan magnet, perioda, pegas. |
Subjects: | Communications Telemunications Physics Magnetism |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 16:21 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 16:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36817 |
Actions (login required)
View Item |