Ramadhana, Ari (2020) Penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Satisfaction, Self-Assesment (Aricesa) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls: Penelitian pre-eksperimental di kelas XI MIA I SMA Plus Al-Aqsha. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dilatihkan kepada peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA) dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry,Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA) pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Plus Al-Aqsha dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketrlaksanaan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA) berlangsung baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 76% dan peserta didik sebesar 75%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 47,7 dan nilai ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self- Assesment (ARICESA) dengan nilai N-gain sebesar 0,69 pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Attention; Relevance; Inquiry; Confidence; Enjoyment; Statisfaction; dan Self-Assesment (ARICESA), keterampilan pemecahan masalah, momentum dan impuls |
Subjects: | Applied Physics > Applied Optics and Paraphotic Technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ari Ramadhana |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 07:22 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 07:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36823 |
Actions (login required)
View Item |