Penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Satisfaction, Self-Assesment (Aricesa) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls: Penelitian pre-eksperimental di kelas XI MIA I SMA Plus Al-Aqsha

Ramadhana, Ari (2020) Penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Satisfaction, Self-Assesment (Aricesa) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi momentum dan impuls: Penelitian pre-eksperimental di kelas XI MIA I SMA Plus Al-Aqsha. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dilatihkan kepada peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA) dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry,Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA) pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Plus Al-Aqsha dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketrlaksanaan model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self-Assesment (ARICESA) berlangsung baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 76% dan peserta didik sebesar 75%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 47,7 dan nilai ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Attention, Relevance, Inquiry, Confidence, Enjoyment, Statisfaction, dan Self- Assesment (ARICESA) dengan nilai N-gain sebesar 0,69 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Attention; Relevance; Inquiry; Confidence; Enjoyment; Statisfaction; dan Self-Assesment (ARICESA), keterampilan pemecahan masalah, momentum dan impuls
Subjects: Applied Physics > Applied Optics and Paraphotic Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ari Ramadhana
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:22
Last Modified: 10 Feb 2021 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36823

Actions (login required)

View Item View Item