Feronika, Rosa (2020) Pengembangan media pembelajaran Fotonovela berbantu QR-Code pada materi sistem imun terhadap motivasi belajar siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daptarisi.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses penyampaian informasi dalam kegiatan belajar. Namun, belum semua proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran yang tepat. Untuk itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media pembelajaran fotonovela berbantu qr-code pada materi sistem imun, menganalisis kelayakan pengembangan media pembelajaran fotonovela berbantu qr-code pada materi sistem imun, dan menganalisis motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran fotonovela berbantu qr-code pada materi sistem imun. Tahapan yang dilakukan dalam pembuatan media ini yaitu menggunakan tahap 3D, yaitu Define (pendefinisian), Designe (perancangan), Develop (pengembangan). Pada pendefenisian dilakukan analisis studi awal, materi, IPK dan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan membuat naskah, pemilihan model, pemotretan, dan pembuatan medai fotonovela berbantu qr code. Selanjutnya tahap pengembangan yaitu memvalidasi disertai revisi oleh dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru biologi. Setelah itu, dilakukan uji keterbacaan siswa. Hasil penelitian yaitu validasi oleh ahli media sebesar 75,71% (layak), dosen ahli materi 78,57% (layak), dan guru biologi sebanyak 93,33% (sangat layak). Jika dirata-ratakan dari ketiga validator, maka media dinyatakan sangat layak dengan presentase 82,53%. Hasil uji keterbacaan media yaitu 83,73% dalam kategori sangat layak. Untuk menguji keefektifan media dengan menggunakan data kognitif siswa yaitu 79,56% dalam kategori baik. Motivasi siswa sesudah menggunakan media meningkat menjadi 78,83% tergolong kategori tinggi. Dapat disimpulkan media fotonovela berbantu qr code pada materi sistem imun layak untuk digunakan dan meningkatkan motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fotonovela; media pembelajaran; motivasi; pengembangan; sistem imun; qr code. |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rosa Feronika |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 04:04 |
Last Modified: | 05 Feb 2021 04:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36828 |
Actions (login required)
View Item |