Pengaruh pembiayaan bermasalah dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) terhadap Net Income Before Tax (NIBT) di PT Bank Muamalat Indonesia (BMI) KCP Cimahi

Baidilah, Yusuf (2020) Pengaruh pembiayaan bermasalah dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) terhadap Net Income Before Tax (NIBT) di PT Bank Muamalat Indonesia (BMI) KCP Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Peran pembiayaan sangat penting karena dengan pembiayaan, maka pihak yang membutuhkan dana akan mendapatkan kemudahan ketika membutuhkan dana. Namun ketika sebuah bank syari’ah memberikan pembiayaan kepada nasabahnya, bank tidak boleh serta merta langsung memberikan secara cuma-cuma dana tersebut kepada nasabah, tetapi diperlukan ketelitian dan kepercayaan yang tinggi bagi bank kepada nasabahnya agar dalam pelaksaaan pemberian pembiayaan itu, resiko dari pembiayaan atau pembiayaan bermasalah dapat diprediksi dan diantisipasi oleh pihak bank. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut, untuk mengetahui Pengaruh Pembiayaan Bermasalah Terhadap Net Income Before Tax (NIBT) di PT Bank Muamalat Indonesia (BMI) KCP Cimahi. Untuk mengetahui Pengaruh Pembiayaan Bermasalah dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) terhadap Net Income Before Tax (NIBT) di PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) KCP Cimahi. Untuk mengetahui Pengaruh Pembiayaan Bermasalah dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) seacara simultan Terhadap Net Income Before Tax (NIBT) di PT Bank Muamalat Indonesia (BMI) KCP Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode deskriptif analitik, yaitu metode penelitian yang menekankan kepada usaha untuk memperoleh informasi mengenai status atau gejala pada saat penelitian, memberikan gambaran terhadap fenomena-fenomena, juga lebih jauh menerangkan hubungan, serta menarik makna dari pengaruh Pembiayaan Bermasalah dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) Terhadap Net Income Before Tax (NIBT) di PT Bank Muamalat Indonesia (BMI) KCP Cimahi. Hasil Penelitian ini adalah pembiayaan bermasalah memiliki pengaruh signifikan terhadap Net Income Before Tax (NIBT) dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar -4,119 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,052 dan sig 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Nilai t negatif menunjukkan bahwa pembiayaan bermasalah mempunyai hubungan yang berlawanan arah dengan Net Income Before Tax (NIBT). Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Net Income Before Tax (NIBT) dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,388 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,013 dan sig 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Pembiayaan Bermasalah dan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Net Income Before Tax (NIBT) dibuktikan dengan F hitung sebesar 78,498 lebih besar F tabel sebesar 3,354 dengan nilai probabilitas sig 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Bermasalah; Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif; Net Income Before Tax
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Yusuf Baidilah
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:37
Last Modified: 04 Feb 2021 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36834

Actions (login required)

View Item View Item