Manajemen pengembangan kewirausahaan di Madrasah Aliyah: Penelitian di Madrasah Aliyah Alif Al-Ittifaq Rancabali Kabupaten Bandung

Rosbiah, Ilis (2020) Manajemen pengembangan kewirausahaan di Madrasah Aliyah: Penelitian di Madrasah Aliyah Alif Al-Ittifaq Rancabali Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya kesenjangan yang berawal dari terbukanya pasar MEA tidak dibarengi dengan kesempatan tenaga kerja yang merata, sementara angka produktif penduduk Indonesia tidak berbanding lurus dengan besarnya peluang usaha dan investasi di Indonesia menyebabkan tingginya tingkat pengangguran khususnya penganguran terdidik. Tidak semua peserta didik yang setelah lulus dari madrasah dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, melainkan ada sebagian yang masih menganggur dan tidak memiliki pekerjaan, oleh karena itu setiap peserta didik perlu diberikan bekal keterampilan untuk masa depannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis manajemen pengembangan kewirausahaan di madrasah aliyah yang meliputi: kepribadian wirausaha, keterampilan interpersonal, strategi pemasaran, kemampuan manajerial, dan keuangan. Lokasi penelitian adalah di Madrasah Aliyah Alif Al-Ittifaq Rancabali Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskiptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah manajemen pengembangan kewirausahaan di madrasah aliyah diterapkan dengan memenuhi pola tingkah laku kewirausahaan yaitu (1) kepribadian wirausaha dilakukan dengan mengajarkan karakter kewirausahaan melalui berbagai kegiatan untuk memupuk kreativitas siswa. Kegiatan meliputi gebyar madrasah, praktek, pentas seni dan bazar ; (2) keterampilan interpersonal meliputi pelatihan keterampilan sebagai pembelajaran untuk dapat berkomunikasi dengan yang lainnya. (3) pemasaran dilakukan melalui tim pemasaran yang melibatkan seluruh komponen sekolah, mulai dari kepala sekolah, pengurus, guru, karyawan dan siswa (4) kemampuan manajerial meliputi kemampuan Kepala Madrasah dalam mengambil keputusan, memotivasi, komunikasi, mengendalikan bawahannya dan tanggung jawab penuh dari pimpinan. (5) Manajemen keuangan meliputi pelaksanaan dan penggunaan anggaran keuangan sekolah digunakan dalam pengembangan pendidikan di Madrasah Aliyah Alif Al-Ittifaq, diantaranya dalam pembiayaan kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, pengelolaan madrasah, sarana dan prasarana, dan kegiatan pengembangan profesi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengembangan; Kewirausahaan; Madrasah Aliyah
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilis Robiah
Date Deposited: 08 Feb 2021 05:26
Last Modified: 08 Feb 2021 05:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36892

Actions (login required)

View Item View Item