Yuliah, Elih (2020) Meningkatkan kinerja guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan: Penelitian pada guru PAI sekolah dasar di Kota Sukabumi. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (617kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi sorotan tajam, karena dianggap tidak bisa mengurangi apalagi menghapus kenakalan siswa dan belum mampu mencapai pembelajaran yang bermutu. Padahal tujuan PAI sendiri adalah meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak karimah siswa. Untuk mengatasi problem ini, perlu dilakukan upaya peningkatan kinerja guru PAI dengan mengadakan program pengembangan keprofesian Berkelanjutan (PKB). Program tersebut berupa pelatihan kognitif, pelatihan profesionalisme, pelatihan sosial dan spiritual serta pelatihan kepemimpinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis tujuan PKB dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD, program PKB dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD, implementasi PKB dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD, mengevaluasi PKB dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD, keunggulan dan keterbatasan PKB dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD, dan keefektifan PKB dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD di Kota Sukabumi. Kinerja merupakan hasil atau keluaran dari suatu proses yang dapat diartikan sebagai prestasi, pelaksanaan, pencapaian, dan hasil kerja. Kinerja yang baik didukung oleh pemenuhan profesionalisme guru. Program PKB penting dilakukan dalam kerangka peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix-Method, yang merupakan gabungan dari penelitian kuantitatif dan kualitatatif. Metode campuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Embedded Concurrent, yakni strategi metode campuran yang menerapkan satu tahap pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dalam satu waktu. Responden penelitian adalah guru PAI SD se-Kota Sukabumi. Sumber data lain adalah kepala sekolah, pengawas PAI, dan Seksi PAI. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis menggunakan uji korelasi. Temuan penelitian ini adalah 1. Tujuan PKB adalah meningkatkan kinerja guru PAI SD kota Sukabumi; 2. Programnya adalah pelatihan kognitif, pelatihan profesionalitas guru; 3. Implementasinya secara kualitatif menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru PAI SD melalui pelatihan kognitif, professional, kepribadian, sosial, spiritual dan kepemimpinan. Secara kuantitatif juga menunjukkan hal yang sama dimana PKB mampu meningkatkan kinerja Guru PAI SD yakni koefisien korelasi implementasi PKB dengan kinerja guru PAI sebesar 0,44 dan ini menunjukan korelasi yang signifikan. 4. Evaluasi terhadap peningkatan konerja guru PAI SD melalui PKB Guru nampaknya cukup berhasil secara signifikan. Evaluasi dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumen; 5. Keunggulan PKB adalah dapat meningkatkan kinerja guru PAI di Kota Sukabumi guru PAI dimana KKG dapat dioptimalkan dalam pengembangan kompetensi guru melalui desain pengawas, guru terlibat penuh dalam kegiatan PKB untuk mengikuti pelatihan pedagogik, pelatihan professional, pelatihan sosial dan kepribadian, serta pelatihan spiritual dan kepemimpinan. Sedangkan keterbatasaannya diantaranya adalah: Masih banyak guru PAI belum dapat menggunakan piranti IT dengan lancar; Daya dukung teknis untuk penyelenggaraan pelatihan masih lemah; guru baru mampu menyusun evaluasi diri pada pembinaan PKB; fasilitas terutama ICT masih kurang; waktu pelatihan masih terbatas; dan anggaran PKB masih terbatas. Keefektifan program PKB menunjukkan beberapa keberhasilan, di antaranya adalah: a) Supervisi dengan pemantauan, wokshop, dan bimtek dapat dilakukan secara terukur, sistematis dan berkelanjutan, terutama pada aspek perencanaan pembelajaran; b) Guru dapat terlibat langsung pada progam PKB; c) Pemantauan dilakukan secara rinci; d) Bimtek dapat diarahkan pada keterlibatan pemenuhan kompetensi guru; e) supervisi pada PKB dapat memetakan mutu guru; dan f) Hasil supervisi dengan pemantauan dan bimtek dapat menunjukkan kontrol mutu.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru,Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Elih Yuliah |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 04:37 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 04:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36974 |
Actions (login required)
View Item |