Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan sektor minyak dan gas yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI):Studi di PT. Elnusa, Tbk. periode 2009-2018

Ismila, Wulan (2020) Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan sektor minyak dan gas yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI):Studi di PT. Elnusa, Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Banyak industri dan perusahaan yang menggunakan institusi pasar modal sebagai media untuk menyerap investasi dan media untuk memperkuat posisi keuangannya. Investor akan memutuskan berinvestasi di perusahaan yang memiliki keadaan finansial yang baik. Menentukan keadaan keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan menganalisis rasio-rasio keuangannya. Return On Investment (ROI) dapat digunakan untuk meramalkan laba di masa depan. Kenaikan dan penurunan Return On Investment (ROI) dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya Inventory Turnover (ITO) dan Total Assets Turnover (TATO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Total Assets Turnover (TATO) secara parsial maupun simultan terhadap Return On Investment (ROI) pada PT. Elnusa, Tbk selama 10 tahun, yaitu periode 2009-2018. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah apabila perusahaan dapat mengelola modal kerja dengan baik dalam kegiatan operasionalnya, maka Inventory Turnover (ITO) dan Total Assets Turnover (TATO) akan mengalami peningkatan sehingga laba yang diperoleh juga meningkat. Hal tersebut akan meningkatkan Return On Investment perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Elnusa, Tbk periode tahun 2009-2018. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 26.0 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel Inventory Turnover (ITO) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI) karena memiliki nilai thitung < ttabel yaitu -1,026 < 2,306. Secara parsial variabel Total Assets Turnover (TATO) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI) karena -2,959 < 2,306 atau thitung < ttabel. Sedangkan secara simultan (Uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 3,832 dan nilai Ftabel 4,74. Hal ini tidak mmenuhi syarat Fhitung > Ftabel, yakni 3,832 < 4,74. Sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya, tidak terdapat pengaruh signifikan antara Inventory Turnover (ITO) dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Investment (ROI) secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover (ITO); Total Assets Turnover (TATO); Return On Investment (ROI)
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Wulan Ismila
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:14
Last Modified: 15 Feb 2021 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36978

Actions (login required)

View Item View Item