Persepsi guru tentang supervisi akademik Kepala Madrasah hubungannya dengan kinerja guru dalam pembelajaran: Penelitian pada guru di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Kabupaten Bandung

Kiki, Deden (2020) Persepsi guru tentang supervisi akademik Kepala Madrasah hubungannya dengan kinerja guru dalam pembelajaran: Penelitian pada guru di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis mengenai persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah karena secara umum supervisi akademik kepala madrasah belum dilakukan secara maksimal yang berpengaruh langsung dengan kinerja guru dalam pembelajaran. Supervisi akademik kepala madrasah adalah suatu hal yang penting karena mendukung agar suatu kinerja guru dalam pembelajaran dapat berjalan dengan efektif sehingga dapat meningkatkan potensi dan kualitas kinerjanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah di Madrasah Aliyah Baitul Arqom, 2) Kinerja guru dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Baitul Arqom, 3) Hubungan antara Persepsi Guru Tentang Supervisi Akademik Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Baitul Arqom, Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori mengenai persepsi guru terhadap supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah dan kinerja guru dalam pembelajaran. Teori tersebut yang secara langsung akan mempengaruhi perilaku guru dalam membantu belajar siswa untuk mencapai tujuan sebuah organisasi dalam arti untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Data didapakan dengan melalui penyebaran kuesioner (angket), wawancara dan observasi. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis parsial indikator, uji normalitas data, uji linearitas data dan analisis korelasi. Dari hasil penelitian ini, diperoleh data mengenai persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah (Variabel X) yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,95 yang termasuk kategori tinggi, kinerja guru dalam pembelajaran (variabel Y) yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,30 yang termasuk pada kategori tinggi dan Persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah hubungannya dengan kinerja guru dalam pembelajaran mendapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,590 yang termasuk pada kategori sedang dan nilai sig.(2-falied) 0,000. Karena nilai sig.(2-failed) sebesar 0,000<0,05 maka H0 ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Dengan demikian, persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah hubungannya dengan kinerja guru dalam pembelajaran mendapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,590 termasuk pada korelasi sedang. Dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut bersifat satu arah, dengan demikian dapat diartikan bahwa meningkatnya persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah maka kinerja guru dalam pembelajaran pun akan meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru; Supervisi Akademik; Kinerja Guru;
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Deden Kiki
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:03
Last Modified: 16 Feb 2021 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36985

Actions (login required)

View Item View Item