Strategi komunikasi penyiaran islam Komunitas Teman Halal dalam mensosialisasikan gaya hidup halal di media sosial Instagram

Padillah, Indah (2020) Strategi komunikasi penyiaran islam Komunitas Teman Halal dalam mensosialisasikan gaya hidup halal di media sosial Instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Mensosialisasikan Gaya Hidup Halal di Media Sosial Instagram Seiring dengan perkembangan tekhnologi komunikasi dan informasi membuat media dan informasi menjadi suatu kebutuhan. Sehingga dalam menghadapi kondisi persaingan yang semakin ketat, dibutuhkan strategi komunikasi yang efektif untuk mempertahankan eksistensi di tengah persaingan. Teman Halal Hadir dengan fokusnya terhadap isu seputar sosialisasi gaya hidup halal di media sosial Instagram. Hal ini sebagai upaya membantu pemerintah dan MUI dalam menerapkan halal lifestyle di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan strategi komunikasi, implementasi strategi komunikasi, faktor pendukung, penghambat dan solusi serta evaluasi strategi komunikasi yang digunakan Teman Halal dalam mensosialisasikan gaya hidup halal di media sosial instagram. Penelitian ini berdasarkan teori difusi inovasi diperkenalkan oleh sosiolog Prancis Gabriel Tarde padatahun 1903. Teori ini berasumsi bahwa media massa memiliki efek yang berbeda-beda pada titik waktu yang berlainan, mulai dari sekedar memberikan informasi sampai menimbulkan pengaruh adopsi atau rejeksi. Komponen dalam penelitian ini telah memenuhi unsure dalam teori difusi inovasi. Informasi yang disosialisasikan Teman Halal menggunakan media massa, khalayak sebagai komunikan akan terpengaruhi dengan informasi yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif, sehingga peneliti memberikan gambaran objek mengenai Teman Halal secara jelas dan sistematis, penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh baik dari studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan beberapa strategi Teman Halal dalam mensosialisasikan gaya hidup halal di media social instagram. (1) perencanaan strategi komunikasi yang dilakukan Teman Halal meliputi mini riset, membuat desain dan konten yang kreatif, inovatif dan komunikatif, memberikan materi secara intertekstual, mengadakan halal challance dan membangun komunikasi yang baik dengan followers. (2) implementasi Teman Halal memanfaatkan semua media yang ada terutama media sosialinstagram. (3) keberhasilan Teman Halal didukung oleh beberapa factor pendukung, yaitu sumber daya yang lengkap, adanya dukungan dari followers, peran mahasiswa, komunitas dan media. Adapun factor penghambat yaitu, info besitas serta kurangnya pemahaman masyarakat dan industry kecil terkait konsep halal haram. (4) evaluasi Teman Halal menggunakan analisis SWOT dengan mengenali peluang dan ancaman baik internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Halal Lifestyle; Media Sosial;
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Indah Padillah
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:24
Last Modified: 16 Feb 2021 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37032

Actions (login required)

View Item View Item