Pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional terhadap komitmen organisasi: Studi pada Kantor Otoritas Jasa Keuangan Kota Tasikmalaya

Sagara, Mega (2020) Pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional terhadap komitmen organisasi: Studi pada Kantor Otoritas Jasa Keuangan Kota Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Para pemimpin di organisasi sangat dituntut semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan keefektifan kinerja para pelaku organisasi dan komitmen mereka dalam berorganisasi. Para pelaku organisasi harus ikut berpartisipasi di dalam organisasi agar dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap organisasi. Karena sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku organisasi, dan juga komitmen organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi; 2) pengaruh kepemimpinan transaksional terhadap komitmen organisasi; 3) pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional terhadap komitmen organisasi. Menurut (Burns dalam Jancenelle, 2017) kepemimpin transformasional adalah gaya kepemimpian yang dapat menginspirasi banyak orang dengan cara mengubah semangat kerja, ide, kepentingan, nilai-nilai dan memotivasi bawahanny. Menurut (Suwatno & Priansa 2016) kepemimpinan transaksional merupakan kepemimpinan yang berpusat pada transaksi antara manajemen dan pegawai. Menurut (Porter & Crampon dalam Nurrofi, 2013) komitmen organisasi sebagai kekuatan relatif seorang individu pada suatu organisasi dan keterlibatannya dalam organisasi, yang dicirikan oleh usur psikologis. Penelitian ini dilakukan di Kantor OJK Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu fenomena. Dalam teknik pengambilang sampel yang digunakan menguunakan sampling jenuh dimana menjadikan populasi sebagai sampel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 pegawai. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dibuktikan dengan diketahui t_hitung sebesar 3,890, dengan sig α 0,000. Kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dibuktikan dengan diketahui t_hitung sebesar 2,851, dengan sig α 0,006. Dan kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dibuktikan dengan F_hitung sebesar 31,642 dengan sig α 0,000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Tranformasional; Kepemimpinan Transaksional; Komitmen Organisasi
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mega Sagara
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:08
Last Modified: 16 Feb 2021 05:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37039

Actions (login required)

View Item View Item