Pengaruh bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosi siswa kelas X: Penelitian di MA YPKM Al-hidayah Rancakole Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung

Hartina, Dina (2019) Pengaruh bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosi siswa kelas X: Penelitian di MA YPKM Al-hidayah Rancakole Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Siswa MA adalah siswa dalam masa remaja dan masa peralihan dengan emosional yang dapat dikatakan belum stabil, berbagai macam permasalahan sosial dialami oleh siswa MA mulai dari masalah dengan dirinya sendiri ataupun dengan sesama rekan siswa maupun dengan guru di madrasah. Ada nya proses bimbingan kelompok di MA ini adalah sebagai salah satu cara yang di upayakan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan dan membantu membentuk karakter siswa MA. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini bagaimanakah proses pengaruh bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa MA. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses bimbingan kelompok pada siswa kelas X, untuk mengetahui tingkatan kecerdasan emosi siswa kelas X, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh proses bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosi siswa kelas X di MA YPKM Al - hidayah Rancakole. Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain secara sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional yang dilakukan untuk mempelajari hubungan antara dua variabel, pengukuran dilakukan untuk memprediksi variabel terikat berdasarkan satu variabel bebas. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan kelas X di MA YPKM Al- hidayah yaitu 66 orang siswa. Sampel penelitian diperoleh melalui metode penarikan sample acak berstrata proposional dengan membagi strata berdasarkan jenis kelamin. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang pernah mengikuti bimbingan kelompok yang di adakan di sekolah oleh guru BK. Hasil uji regresi sederhana diketahui nilai t hitung adalah 3,013 dan diketahui hasil t tabel dengan N=18 (20-2) signifikansi 0,05 adalah 1,734. Jadi nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (3,013 > 1,734) maka berarti ada pengaruh dari bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional. Kemudian dari hasil berikutnya diketahui nilai taraf signifikansi 0,007. Jadi nilai taraf signifikansi tidak lebih besar atau lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05) maka berarti ada pengaruh yang signifikan, besaran nilai korelasi adalah 0,274 dan pengaruh bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosi adalah 0,075 (7,5%) dan untuk setiap penambahan 1 nilai bimbingan kelompok maka nilai kecerdasan emosional akan bertambah sebanyak 0,282, ini menunjukan bahwa pengaruh bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional merupakan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok; kecerdasan emosional
Subjects: Humankind > Emotion
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dina Hartina
Date Deposited: 17 Feb 2021 01:57
Last Modified: 17 Feb 2021 01:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37050

Actions (login required)

View Item View Item