Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Total asset Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Selamat Sempurna, Tbk. Periode 2009-2018

Sartika, Sintia (2020) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Total asset Turnover (TATO) terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Selamat Sempurna, Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan pada investasi di pasar modal yang memberikan ketidakpastian dan risiko tinggi yang mungkin terjadi. Bagi investor informasi tentang Gross Profit Margin (GPM) dan Total Asset Turnover (TATO) menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dalam kebutuhan pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang diambil diharapkan akan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Total Asset Turnover (TATO) secara simultan maupun secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yag terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yaitu PT.Selamat Sempurna, Tbk selama 10 tahun terakhir, yaitu periode 2009-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah analasis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Selamat Sempurna, Tbk periode tahun 2009-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi dan analisis uji hipotesis (ujit t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20.0 dan microsoft excel 2007 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (Uji t) menunjukan bahwa variabel Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) karena memiliki nilai t_hitung > t_tabel yaitu 5,525 > 2,306, sedangkan secara parsial variabel Total Asset Turnover (TATO) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) karena memiliki nilai t_hitung> t_tabel yaitu -1,136 < 2.306. berdasarkan hasil penelitian secara simultan (Uji F) diperoleh nilai F_hitungsebesar 23,808 dan nilai F_tabel sebesar 4,74. Hal ini menunjukkan bahwa F_hitung > F_tabel atau 23,808 < 4.74, sehingga dapat dirumuskan bahwa Ho diterima Ha ditolak, artinya Gross Profit Margin (GPM) dan Total Asset Turnover (TATO) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return On Asset (ROA) secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin; Total Asset Turnover; Return On Asset
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sintia Sartika
Date Deposited: 17 Feb 2021 01:35
Last Modified: 17 Feb 2021 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37107

Actions (login required)

View Item View Item