Pengaruh Current Ratio (CR) Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indexs (JII) : Studi di PT. Adhi Karya Persero Tbk, periode 2009-2018

Ummah, Salimatul (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indexs (JII) : Studi di PT. Adhi Karya Persero Tbk, periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstra.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya perusahaan dalam industri, serta kondisi perekonomian saat ini telah menciptakan suatu persaingan yang ketat antar perusahaan. Salah satu tolak ukur keberhasilan perusahaan yaitu profitabilitas yang tinggi, yang dapat dilihat dalam Return On Equity (ROE). Faktor yang mempengaruhi Return On Equity (ROE) yaitu Current Ratio (CR) Dan Debt to Equity (DER), karna rasio tersebut di gunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya yang berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (CR) secara parsial terhadap (ROE); untuk mengetahui (DER) parsial terhadap (ROE) dan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan Terhadap Return On Equity (ROE) Pada PT.Adhi Karya persero,Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah apabila perusahaan dapat mengelola modal kerja dengan baik dalam kegiatan operasinya, maka Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) akan mengalami peningkatan sehingga laba yang di peroleh juga meningkat. Hal tersebut akan meningkatkan Current Ratio (CR) perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendelakatan kuantitatif. Jenis data yang di gunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Adhi Karya Persero, Tbk periode tahun 2009-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, dan browsing. Anaslisi data menggunakan metode deskripstif analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows version 20.0 dan Microsoft Exel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Current Ratio (CR) berpengaruh negatif dan tidak signifiikan terhadap Return On Equity (ROE) karena miliki t hitung > t tabel sebesar -3,164 > 2.306. Sedangkan secara parsial variabel Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan siginifakan terhadap Return On Equity (ROE) yaitu dengan nilai t hitung dan t tabel 2,804> 2.306. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan (uji F) di peroleh nilai f hitung sebesar 6,482 dan nilai f tabel sebesar 4,7. Hal ini telah memenuhi syarat f hitung > f tabel, yakni 6,428> 4,74. Sehingga Ha di terima Ho di tolak secara simultan (CR) Dan (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap (ROE).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Equity (ROE)
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Salimatul Ummah
Date Deposited: 17 Feb 2021 01:35
Last Modified: 17 Feb 2021 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37108

Actions (login required)

View Item View Item