Kepemimpinan kiai hubungannya dengan karakter santri : Penelitian pada santri di Pondok Pesantren Al-Faqih 2 Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Maulidiah, Ina (2020) Kepemimpinan kiai hubungannya dengan karakter santri : Penelitian pada santri di Pondok Pesantren Al-Faqih 2 Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Seorang kiai merupakan pusat kepemimpinan penokohan di pesantren dan lingkungan masyarakat. Keahlianya di bidang agama dan aura karismatik yang muncul dari seorang kiai sangat berpengaruh di lingkungan pesantren secara umum dan secara khusus terhadap santri-santrinya. Banyak faktor yang mempengaruhi karakter santri salah satunya dipengaruhi oleh hubungan kiai dengan santri- santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas kepemimpinan kiai di pondok pesantren Al-faqih 2, 2) realitas karakter santri di pondok pesantren Al-faqih 2 dan 3) realitas hubungan antara kepemimpinan kiai dengan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Faqih 2 Cibiru Bandung. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simpel random sampling, yaitu teknik penentuan sampel secara acak atau random dari populasi yang ada, artinya semua populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel (responden). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji korelasi yaitu alat uji statistik dalam penelitian yang memiliki tujuan untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih sehingga dapat diambil kesimpulan apakah masalah yang diteliti terdapat korelasi yang signifikan atau tidak. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan kepemimpinan kiai dengan karakter di Pondok Pesantren Al-Faqih 2 Cibiru Bandung. Dengan diperoleh nilai koefisien sebesar 0,506**atau 50,6 %. Nilai tersebut termasuk korelasi kategori 0,40 – 0,59 yang artinya ada hubungan yang sedang atau cukup serta memiliki arah hubungan yang positif dan searah. Signifikansi antara keduanya diperoleh 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa ada hubungan positif dan searah antara kepemimpinan kiai dengan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Faqih 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kiai; Karakter Santri;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ina Maulidiah
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:25
Last Modified: 17 Feb 2021 03:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37119

Actions (login required)

View Item View Item