Hubungan aktivitas siswa mengaji di pesantren dengan prestasi belajar pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI di SMA YPI Pulosari Limbangan-Garut

Milatusaadah, Milatusaadah (2019) Hubungan aktivitas siswa mengaji di pesantren dengan prestasi belajar pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI di SMA YPI Pulosari Limbangan-Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di SMA YPI Pulosari melalui observasi. Hasil observasi menunjukkan sebagian siswa kelas XI mengaji di pondok pesantren dan sisanya mengaji di lingkungannya masing-masing. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa yang mondok di pesantren mempunyai semangat yang tinggi, dilihat dari frekuensi siswa mengikuti kegiatan mengaji di pesantren, keseriusan siswa dalam memperhatikan materi yang dikaji, keaktifan siswa dalam kegiatan sorogan, kesungguhan siswa dalam mengikuti pengajian, dan mendengarkan kiai atau ustadz/ustadzah dalam kegiatan mengaji tersebut. Mestinya, para siswa memiliki prestasi belajar yang memadai. Akan tetapi pada kenyataanya dari jumlah siswa dapat dikatakan sebagian besar siswa memiliki prestasi belajar yang rendah atau masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Realitas aktivitas siswa mengaji di pesantren kelas XI SMA YPI Pulosari Limbangan-Garut, (2) Realitas prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA YPI Pulosari Limbangan-Garut, (3) Pengaruh siswa mengaji di pesantren dengan prestasibelajar siswa kelas X-MIPA 1 SMA YPI Pulosari Limbangan-Garut. Hipotesis yang diajukan yakni jika aktivitas siswa mengaji semakin tinggi maka diduga semakin baik pula prestasi belajar kognitif mereka pada pelajaran pendidikan agama Islam, sebaliknya semakin rendah aktivitas siswa mengaji maka semakin rendah pula hasil pretasi belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan random sampling 36 siswa kelas XI MIPA 1 SMA YPI Pulosari. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Realitas Aktivitas Siswa Mengaji di Pesantren dengan skor rata-rata 3,63 termasuk dalam kategori tinggi, (2) Realitas Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 69,25. (3) (a) Hubungan aktivitas siswa mengaji di pesantren dengan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam berkorelasi tinggi itu artinya ada pada kategori tinggi berdasarkan koefisien korelasi sebesar 0,785 berada pada rentang 0,600-0,799. (b) Hasil hipotesis menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 11,71> 1,688 diartikan bahwa hipotesis diterima. (c) Variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y sebesar 61,6% yang artinya masih terdapat 38,4% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aktivitas;siswa;prestasi;belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Milatusaadah Milatusaadah
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:59
Last Modified: 17 Feb 2021 04:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37123

Actions (login required)

View Item View Item