Pengaruh Current Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi kasus di PT. United Tractors, Tbk. periode 2009-2018

Sari, Dian Novita (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi kasus di PT. United Tractors, Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

Rasio hutang perusahaan terbagi dua, yaitu likuiditas dan solvabilitas. Yang termasuk dalam rasio likuiditas yaitu Current Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR), Current Ratio (CR) adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan membayar hutang lancar dengan aktiva lancar, dan Quick Ratio (QR) ini menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membayar hutang lancar dengan aktiva lancar tanpa memperhitungkan nilai persediaan. Hutang menjadi alternatif pendanaan perusahaan guna memaksimalkan perolehan laba. Rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba bersih yatu dengan Net profit Margin (NPM), rasio ini termasuk kedalam salah satu rasio profitabilitas. Dengan teori yang ada peneliti tertarik untuk mengkaji seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) dan Quick ratio (QR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT United Tractors, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), 2) Pengaruh Quick Ratio (QR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), dan 3) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. United Tractors, Tbk. periode 2009-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan PT. United Tractors, Tbk. periode 2009-2018. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deksriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier (sederhana dan berganda), analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengujian hipotesis Current Ratio (CR) menghasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 40,5% dengan hasil perbandingan thitung < ttabel (-2,335 < 2,30600) maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dan sisanya 59,5% dipengaruhi oleh variabel lain, 2) pengujian hipotesis Quick Ratio (QR) menghasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 26,2% dengan hasil perbandingan thitung < ttabel (-1,684 < 2,30600) maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti secara parsial Quick Ratio (QR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh variabel lain, dan 3) pengujian hipotesis Current Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) menghasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 44,1% dengan hasil perbandingan Fhitung < Ftabel (2,757 < 4,74) maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti secara simultan Current Ratio (CR) dan Quick Ratio (QR) berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dan sisanya 55,9% dipengaruhi oleh variabel lain pada PT. United Tractors, Tbk. periode 2009-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Quick Ratio (QR); Net Profit Margin (NPM);
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Dian novita sari
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:08
Last Modified: 17 Feb 2021 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37143

Actions (login required)

View Item View Item