Identitas santri melalui unggahan media sosial instagram: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Jl Raya Pacet KM-9 Lemburawi Ciparay

Cahyani, Desy (2020) Identitas santri melalui unggahan media sosial instagram: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Jl Raya Pacet KM-9 Lemburawi Ciparay. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan identitas santri di pondok pesantren Baitul Arqom Al-Islami dimana pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Identitas seseorang tidak akan terlepas dari karakter termasuk santri, dikatakan suatu identitas karena berada dilingkungan pondok pesantren serta atribut yang melekat pada dirinya. Identitas seorang santri akan sangat berhubungan dengan konsep diri dan psikologi seorang remaja karena ada pada masa pencarian jatidiri. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media sosial instagram di kalangan santri, pembentukan identitas santri ketika berada dimedia sosial dan bagaimana respon audiens dalam penggunaan media sosial instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Dramaturgi Erving Goffman dimana terdapat asylums (Institusi Total) ialah pondok pesantren menjadi tempat tinggal santri serta unsur terpenting Fort Stage (panggung depan) dan Back Stage (panggung belakang) menampilkan interaksi yang dilakukan santri ketika di media sosial instagram dan lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode deskrtiptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Baitul Arqom Al-Islami serta objek penelitiannya ialah identitas santri yang dijalankan di pondok pesantren serta media sosial instagramnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa identitas santri cukup relevansi dengan kesantrian dimedia sosial instagram santri Pondok Pesantren Baitul Arqom Al-Islami, karena setiap santri menggunakan media sosial instagram dengan baik seperti instagram dijadikan untuk media dakwah, menyampaikan kata-kata bijak serta untuk mencari informasi di dunia maya. Disisi lain adapula santri yang melanggar, meskipun demikian hal tersebut tidak terlepas dari nila-nilai keislaman dan kesantrian yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Identitas Santri; Media Sosial Instagram
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Idealism and Related Systems and Doctrines > Personalism
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Desy Cahyani
Date Deposited: 18 Feb 2021 00:26
Last Modified: 18 Feb 2021 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37155

Actions (login required)

View Item View Item