Bagja, Annisa Tiara (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan relevansinya bagi siswa MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
Abstract
Pada masa sekarang ini banyak sekali kejadian-kejadian yang terjadi dalam dunia pendidikan terutama kejadian dalam pendidikan karakter siswa. Banyak faktor yang menyebabkan karakter siswa itu rendah yang diantara nya yaitu disebabkan oleh lingkungan peserta didik nya sendiri, keluarga, dan masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan karakter siswa menjadi rendah. Terdapat beberapa kejadian dari karakter siswa yang bisa dikatakan tidak baik seperti misalnya siswa tidak masuk sekolah tanpa alasan, bertengkar dengan teman, melihat video-video atau tayangan-tayangan di TV atau di HP yang memang seharusnya dilihat oleh orang dewasa, bersikap tidak sopan kepada guru dan orang tua. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada didalam novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan relevansinya bagi siswa MI. Dalam usaha menerapkan pendidikan karakter kepada siswa, bisa dengan berbagai macam cara salah satu nya yaitu melalui karya sastra. Karya sastra merupakan salah satu sumber bacaan yang dapat digunakan sebagai media pendidikan yang berupa novel. Novel menjadi media sastra yang baik dalam mengajarkan pendidikan karakter karena terdiri atas alur cerita yang cukup panjang dan menggambarkan perkembangan tokoh dengan cukup detail. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode library research (studi kepustakaan). Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis konten (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan ada 15 karakter yang ada didalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Sedangkan relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara ada kesesuaian antara nilai pendidikan karakter dalam novel bagi siswa MI . sehingga novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara cocok untuk digunakan guru sebagai bahan referensi tambahan yang relevan dalam menunjang pengajaran dan penanaman nilai pendidikan karakter untuk siswa MI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Krakter; Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara; Siswa MI |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Annisa Tiara Bagja |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 05:57 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 05:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37176 |
Actions (login required)
View Item |