Implementasi Peraturan Arsip Nasional nomor 9 tahun 2018 tentang pedoman pengelolaan arsip dinamis di depo arsip Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat

Fikhri, Muhammad (2020) Implementasi Peraturan Arsip Nasional nomor 9 tahun 2018 tentang pedoman pengelolaan arsip dinamis di depo arsip Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Melihat peranan arsip sebagai kegiatan administrasi maka perlu adanya pengelolaan arsip sesuai kaidah penyimpanan. Apabila dalam pengelolaan arsip tidak maksimal maka menyebabkan terhambatnya dalam prosess pencarian dan mengakibatkan pelayanan yang dilakukan menjadi lambat dan kurang memuaskan. Kearsipan merupakan bagian dari sistem informasi organisasi yang semakin terasa pentingnya bagi kehidupan organisasi baik pemerintah maupun swasta. Pada dasarnya penyimpanan dan penemuan kembali arsip merupakan tujuan utama dari pengelolaan arsip. Penemuan kembali arsip sangat berpengaruh dengan sistem pengelolaan yang digunakan, serta tergantung dari kecekatan petugas arsip. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Peraturan Arsip Nasional Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengelolaan Arsip Dinamis Di Depo Arsip Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat melalui dimensi yang dikemukakan oleh George C. Edward III. Dalam penelitian ini mengacu pada teori implementasi kebijakan publik menurut George C. Edward III untuk mengukur sejauhmana keberhasilan suatu implementasi kebijakan dilihat dari empat dimensi yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpul melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman dalam Sugiyono (2013) yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarik kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementaasi Peraturan Arsip Nasional Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengelolaan Arsip Dinamis Di Depo Arsip Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat sudah berjalan cukup baik, itu semua dapat dilihat dari pengelolaan arsip yang ada di Depo Arsip Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat sudah berjalan cukup efisien dan juga efektif mulai dari penciptaan, pengelolaan, penyimpanan sampai pemusnahan arsip walaupun dalam pelaksanaan nya masih terdapat hambatan-hambatan yang ada sehingga menjadikan pengelolaan arsip kurang maksimal, namun kegiatan pengelolaan tetap berjalan walaupun terdapat kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: bab 1 tidak bisa dibuka
Uncontrolled Keywords: Arsip; Implementasi Kebijakan; Pengelolaan Arsip Dinamis;
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers
Office Services > Records Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhammad Ghani Fikhri
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:29
Last Modified: 22 Feb 2021 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37182

Actions (login required)

View Item View Item