Efektivitas ekstrak Thalassiosira Pseudonana dalam menghambat tumor Epitelium yang diinduksi Doxorubicin pada Drosophilla Melanogaster

Jayanegara, Prima Galla Satria (2020) Efektivitas ekstrak Thalassiosira Pseudonana dalam menghambat tumor Epitelium yang diinduksi Doxorubicin pada Drosophilla Melanogaster. Diploma thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Tumor epitelium merupakan jenis tumor yang tumbuh di jaringan epitel. Pembentukan jaringan tumor disebabkan karena adanya sel perusak (abnormal cell) dalam neoplasma yagn mengganggu sistem pencernaan, sistem saraf, bahkan sistem sirkulasi darah. Sel tersebut berkompetisi dengan sel tubuh dalam mengambil nutrisi tubuh. Efek dari antioksidan dipercaya mampu menghalau efek radikal bebas yang ditimbulkan dalam pembentukan tumor epitelium. Salah satu sumber senyawa antioksidan alami berasal dari mikroalga Thalassiosira pseudonana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kadar polifenol dan kandungan antioksidan yang terdapat pada ekstrak Thalassiosira pseudonana ,mengetahui pengaruh pemberian ekstrak Thalassiosira pseudonana terhadap kelulusan hidup Drosophila melanogaster, dan pertumbuhan tumor epitelium pada Drosophila melanogaster. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan empat ulangan, yaitu kontrol/tanpa perlakuan (P0), perlakuan doxorubicin 0,4 mM (P1), perlakuan ekstrak Thalassiosira pseudonana 1 mg/mL (P2), dan perlakuan doxorubicin 0,4 mM + ekstrak Thalassiosira pseudonana 1 mg/mL (P3). Hasil dari pengujian kekuatan aktivitas antioksidan dari ekstrak Thalassiosira pseudonana didapatkan nilai IC50 sebesar 83,34 µg/ml dan pengujian kadar polifenol total sebesar 174,48 GAE/g yang termasuk pada kategori kuat. Dari hasil pengujian dalam meningkatkan kelulusan hidup pada Drosophila melanogaster ekstrak Thalassiosira pseudonana cukup efektif dibuktikan dengan tingkat kelulusan hidup pada P2 (ekstrak Thalassiosira pseudonana 1 mg/ml) sebesar 90,49% dan pada P3 (Doxorubicin 0,4 mM + ekstrak Thalassiosira pseudonana 1 mg/ml) sebesar 85,50%. Dengan penggunaan ekstrak Thalassiosira pseudonana berpotensi dalam mengurangi jumlah tumor epitelium sesuai dengan hasil penelitian dari perlakuan yang hanya diinduksi doxorubicin 0,4 mM Drosophila melanogaster yang terkena tumor terbanyak sebanyak 36 ekor dan perlakuan doxorubicin 0,4 mM + ekstrak Thalassiosira pseudonana 1 mg/mL sebanyak 24 ekor. Posisi tumor epitelium pada Drosophila melanogaster terletak di kepala, toraks, abdomen, kaki dan sayap. Tumor epitelium yang paling sering ditemui pada posisi abdomen dan kaki dengan jumlah masing-maisng tumor epitelium yaitu 36 pada perlakuan P1 dan 24 pada perlakuan P3. Diameter tumor epitelium pada setiap posisi mengalami penurunan. Sedangkan pada perlakuan kontrol (P0) dan ekstrak Thalassiosira pseudonana (P2) tidak ditemukannya pertumbuhan tumor epitelium pada semua ulangan yang diamati. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ekstrak Thalassiosira pseudonana berpotensi untuk menurunkan efek radikal bebas dari doxorubicin yang memicu tumbuhnya tumor epitelium serta dapat meningkatkan kelulusan hidup dari Drosophila melanogaster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antioksidan;Drosophilla;Mikroalga;Thalassiosira;Tumor
Subjects: Diseases > Diseases of Genital System
Diseases > Other Organic Diseases of Central Nervous System
Diseases > Tumors Diseases
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Prima Galla Satria Jayanegara
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:12
Last Modified: 23 Feb 2021 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37234

Actions (login required)

View Item View Item