Pelaksanaan akad wakalah bil-ujrah pada pembiayaan properti syariah berbasis teknologi informasi di PT. Ethis Fintek Indonesia di Jakarta Barat

Rahmah, Fina Nur (2021) Pelaksanaan akad wakalah bil-ujrah pada pembiayaan properti syariah berbasis teknologi informasi di PT. Ethis Fintek Indonesia di Jakarta Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Akad wakalah bil-ujrah merupakan akad pemberian kuasa dari salah satu pihak ke pihak lain untuk melakukan suatu tindakan yang diperlukan atas nama pemberi kuasa dan atas wakalah (pemberian kuasa) tersebut penerima kuasa mendapatkan ujrah atau fee yang telah disepakati. Ujrah yang diberikan harus dinyatakan dengan jelas dan telah disepakati dan diketahui oleh kedua belah pihak, baik pemberi kuasa (muwakkil) maupun penerima kuasa (wakil) dan tidak boleh mengandung unsur riba, gharar (ketidakpastian), dan maysir. Pembiayaan properti yang dilakukan antara penerima pembiayaan dengan fintech Ethis merupakan bentuk dari wakalah bil-ujrah. Karena berupa pelimpahan kuasa dari penerima dana kepada fintech Ethis untuk mencarikan dana yang dibutuhkan melalui website yang didalamnya tergabung komunitas pendana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan akad wakalah bil ujrah pada fintech Ethis yang merupakan pembiayaan Syariah berbasis teknologi informasi dan untuk mengetahui pelaksanaan akad wakalah bil-ujrah dan mekanisme penentuan ujrah (fee) yang dibayarkan penerima pembiayaan kepada fintech Ethis atas jasa perwakilan yang dilakukan oleh fintech Ethis. Penelitian ini berdasarkan pemikiran ulama Mazhab Fikih mengenai bolehnya akad wakalah bil-ujrah, karena seseorang melakukan sesuatu dengan niat tabarru’ boleh menerima imbalan dan pemikiran tentang pelaksanaan akad wakalah bil-ujrah yang bersandar pada hukum Islam yang bersumber dari nash, kaidah fikih, dan fatwa DSN MUI yang mengatur tentang pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif studi, yaitu bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, sumber data yang digunakan untuk mendeskripsikan masalah utama adalah sumber data primer berupa website dan buku Panduan Pendanaan Fintech Peer-to-Peer Syariah Ethis serta hasil wawancara, dan sumber data sekunder diambil dari hasil studi kepustakaan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka, dan studi internet. Penentuan ujrah pada fintech Ethis bersifat negotiable, tidak ada nilai yang pasti tergantung besarnya dana yang dibutuhkan dan jangka waktu yang disepakati. Ujrah yang ditetapkan oleh fintech Ethis telah memenuhi syarat ujrah dalam fiqh muamalah dan fatwa DSN MUI berupa jumlah yang diketahui oleh kedua belah pihak, layak, serta dibayarkan langsung sebelum dana yang dibutuhkan oleh penerima pembiayaan diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wakalah bil-ujrah; Ujrah/fee; Financial technology (fintech);
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Islam > Islam and Technology
Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fina Nur Rahmah
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:09
Last Modified: 24 Feb 2021 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37250

Actions (login required)

View Item View Item