Hubungan aktivitas menggambar dan mewarnai dengan kreativitas anak usia dini pada RA Al-Furqon Ciwastra Bandung

Puspawati, Noviani (2020) Hubungan aktivitas menggambar dan mewarnai dengan kreativitas anak usia dini pada RA Al-Furqon Ciwastra Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan pembelajaran di tingkat RA sangat berbeda dengan kegiatan pembelajaran di tingkat MI. Prinsip belajar sambil bermain diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di RA dengan menerapkan kegiatan-kegiatan yang merangsang krativitas dan pengembangan motorik halus baik secara langsung atau pun disisipkan pada kegiatan pembelajaran lainnya. Salah satu kegiatan yang dapat merangsang keratifitas dan motorik halus adalah menggambar dan mewarnai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Aktivitas menggambar dan mewarnai peserta didik RA Al Furqon; 2) Kreativitas menggambar dan mewarnai peserta didik RA Al Furqon; dan 3) Penggaruh aktivitas menggambar dan mewarnai terhadap kreativitas peserta didik di RA Al Furqon. Penelitian ini didasari pada suatu pemikiran bahwa tujuan kegiatan menggambar di pendidikan anak usia dini ini dimaksudkan supaya kemampuan berolah senirupa yang diwujudkan dengan keterampilan menyampaikan ide, gagasan, pengalaman, pengamatan kedalam goresan garis, bentuk, serta rona sesuai alat gambar yang digunakannya. Dengan demikian pembelajaran menggambar yang sesuai untuk pendidikan anak usia dini adalah menggunakan jenis menggambar bebas, menggambar imajinatif, serta mewarnainya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subyek penelitian ini adalah peserta didika kelas A di RA Al Furqon Ciwastra Kota Bandung yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui lembar observasi dan didukung dokumentasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan kreativitas menggambar peserta didik RA Al Furqon sudah berkembang sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas menggambar peserta didik RA Al Furqon terhadap kreativitas menggambar anak, ditunjukkan oleh koefisien korelasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktvitas; menggambar; mewarnai
Subjects: Education, Research
Education, Research of Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Noviani Puspawati
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:50
Last Modified: 25 Feb 2021 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37313

Actions (login required)

View Item View Item