Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan Graded Response Models (GRM)

Permati, Soufi Ainun (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan Graded Response Models (GRM). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan seseorang yang jika dihadapkan dalam suatu persoalan akan bertahan dengan argumennya serta terbuka ketika terdapat perspektif yang berbeda. Pada kenyataannya, di lapangan kemampuan berpikir kritis matematis masih terbilang rendah. Cara agar dapat meningkatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis yaitu dengan berlatih soal yang menunjang berpikir tingkat tinggi. Butir soal yang dibuat berupa soal essay yang berpatokan pada indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII F di SMP Negeri 2 Batujajar menggunakan Graded Response Models (GRM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Indikator kemampuan berpikir kritis yang dijadikan patokan dalam penelitian ini yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil dari penelitian menunjukkan siswa dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu sebanyak 36,4% siswa berkemampuan tinggi, 45,4% siswa berkemampuan sedang, dan 18,2% siswa berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil perhitungan estimasi parameter butir soal menggunakan GRM, siswa yang mengikuti tes berpikir kritis matematis memiliki kemampuan yang berbeda dengan nilai antara -1,4 sampai dengan 1,16.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Matematis Siswa; Graded Response Models (GRM)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Soufi Ainun Permati
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:55
Last Modified: 12 Oct 2022 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37332

Actions (login required)

View Item View Item