Permati, Soufi Ainun (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan Graded Response Models (GRM). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan seseorang yang jika dihadapkan dalam suatu persoalan akan bertahan dengan argumennya serta terbuka ketika terdapat perspektif yang berbeda. Pada kenyataannya, di lapangan kemampuan berpikir kritis matematis masih terbilang rendah. Cara agar dapat meningkatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis yaitu dengan berlatih soal yang menunjang berpikir tingkat tinggi. Butir soal yang dibuat berupa soal essay yang berpatokan pada indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII F di SMP Negeri 2 Batujajar menggunakan Graded Response Models (GRM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Indikator kemampuan berpikir kritis yang dijadikan patokan dalam penelitian ini yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil dari penelitian menunjukkan siswa dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu sebanyak 36,4% siswa berkemampuan tinggi, 45,4% siswa berkemampuan sedang, dan 18,2% siswa berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil perhitungan estimasi parameter butir soal menggunakan GRM, siswa yang mengikuti tes berpikir kritis matematis memiliki kemampuan yang berbeda dengan nilai antara -1,4 sampai dengan 1,16.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Matematis Siswa; Graded Response Models (GRM) |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Soufi Ainun Permati |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:55 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37332 |
Actions (login required)
View Item |