Perubahan keagamaan pemuda: Studi kasus komunitas Pemuda Hijrah Bukan Pemuda Tetangga (BPT) di Baleendah, Kabupaten Bandung

Ferdiansyah, Dendy (2020) Perubahan keagamaan pemuda: Studi kasus komunitas Pemuda Hijrah Bukan Pemuda Tetangga (BPT) di Baleendah, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Pada kenyataannya, fakta menunjukkan bahwa sebagian kalangan pemuda melakukan tindakan yang dipandang sebagai patologi sosial seperti mabuk-mabukan, berjudi, dan tindakan kenakan remaja lainnya. Namun, terdapat kelompok pemuda yang justru berperilaku sebaliknya. Menamakan diri mereka sebagai “Pemuda Hijrah”, kelompok pemuda ini taat dalam beragama dan terlibat dalam kegiatan sosial yang bermanfaat seperti mengajar mengaji, mengelola masjid, dan berbagi makanan. Fenomena tentang Pemuda Hijrah menarik untuk dikaji dengan fokus analisis pada sebuah komunitas Pemuda Hijrah yang menamakan diri mereka Bukan Pemuda Tetangga yang terdapat di Baleendah, Kabupaten Bandung. Ia berupaya menjawab pertanyaan tentang bagaimana proses perubahan keagamaan komunitas BPT dan apa dampak dari perubahan tersebut pada anggota komunitas dan masyarakat. Untuk menjelaskan ini, skripsi ini menggunakan teori konversi agama Robert Henry Thouless yang berpandangan bahwa konversi agama merupakan proses perubahan keagamaan setelah adanya nilai-nilai baru dalam hal keagamaan dan Walter Housten Clark yang berpendapat bahwa konversi agama merupakan suatu pertumbuhan atau perkembangan spiritual yang mengandung perubahan arah yang cukup berarti dalam sikap terhadap ajaran dan tindak agama. Pada Skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data primer untuk skripsi ini dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunitas Pemuda Hijrah BPT mengalami proses perubahan keagamaan dalam empat tahapan, yaitu penyadaran, adaptasi, pemeliharaan, dan perubahan. Perubahan keagamaan komunitas BPT dalam kenyataannya mempunyai dampak terhadap masyarakat Baleendah dalam hal keagamaan mereka berhasil menarik semakin banyak pemuda untuk beragama lebih baik dan lebih taat, serta masyarakat Baleendah menjadi lebih agamis dalam bersikap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Keagamaan; Konversi Agama; Pemuda Hijrah
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dendy Ferdiansyah
Date Deposited: 01 Mar 2021 07:00
Last Modified: 01 Mar 2021 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37383

Actions (login required)

View Item View Item