Pesan dakwah tentang mualaf selebgram dalam tayangan Hijrah : Analisis isi pesan dalam tayangan acara Hijrah Ayana Jihye Moon di Trans TV

Mutiarani, Anna (2020) Pesan dakwah tentang mualaf selebgram dalam tayangan Hijrah : Analisis isi pesan dalam tayangan acara Hijrah Ayana Jihye Moon di Trans TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah dan media adalah komponen yang saling membutuhkan dan saling melengkapi. Dalam perkembagan zaman yang semakin canggih, dakwah dituntut untuk meyesuaikan dizaman sekarang ini. Jika dahulu dakwah hanya dilakukan oleh ulama, kiyai, bahkan ustadz. Namun tayangan perjalanan hidup seseorang dapat dijadikan proses penyampaian pesan dakwah. Karena tayangan perjalanan hidup dapat memberikan pesan baik bagi diri manusia. Salah satunya program tayangan hijrah yang dibuat oleh TransTV, yang di upload lewat youtube. Yaitu HIJRAH-cerita selebgram asal Korea selatan yang mualaf. Tayangan ini mengisahkan tentang seorang perempuan atheis yang mencari tahu tentang agama Islam, belajar agama Islam, sampai ia menjadi muslim. Tayangan yang dikemas secara menarik agar dapat meningkatkan minat masyarakat khusus nya wanita untuk menyaksikan perjalanan hidup yang penuh motivasi dan mempunyai pelajaran hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang ada dalam tayangan perjalanan hijrah Ayana jihye moon di channel youtube TransTV yang memuat tiga kategori pesan dakwah yaitu pesan dakwah aqidah, syariah, dan aklak. Sesuai dengan tujuan penelitian menggunakan teori isi pesan Syamsul Munir Amin (2013) yang mengatakan bahwa pesan dakwah adalah suatu yang harus disampaikan kepada objek atau khalayak yang meliputi aqidah, syariah dan juga akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi, yaitu berupa kegiatan mengenalisis isi pesan dakwah yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang lebih difokuskan kepada apa dan bagaimana penelitian ini meted analisis isi dipilih karena dapat menjelaskan tentang isi pesan dakwah dalam video perjalanan hijrah Ayana jihye moon di channel TransTV. Dari penelitian yang dilakukan, tayangan hijrah Ayana jihye moon memiliki 8 pesan dakwah dari 4 tayangan. Diantaranya: 2 pesan dakwah didalamnya menggambarkan iman kepada Allah, 2 pesan syariah yang didalamnya tergambar materi ibadah dan muamalah, dan 4 pesan akhlak yang didalamnya tergambar perubahan Ayana setelah masuk Islam. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tayangan hijrah Ayana jihye moon dapat dijadikan salah satu pesan dakwah kekinian yang dijadikan solusi bagi para da’i muda. Tayangan perjalanan hijrah Ayana pada channel TransTV memuat konten positif bermuatan pesan dakwah dan mengembangkan media baru sebagai tempat dakwah yang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan; Dakwah; Mualaf
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anna Mutiarani
Date Deposited: 02 Mar 2021 07:47
Last Modified: 02 Mar 2021 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37403

Actions (login required)

View Item View Item