Partisipasi Karang Taruna dalam pengelolaan pasar tradisional: Studi kasus di Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes

Haq, Adib Dinul (2020) Partisipasi Karang Taruna dalam pengelolaan pasar tradisional: Studi kasus di Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Adanya kekurangan dalam pengelolaan di kegiatan pasar tradisional desa pengarasan, memunculkan suatu tindakan yang dilakukan oleh karang taruna dalam bentuk partisipasinya untuk ikut dalam mengelola pasar tradisional, dengan adanya tindakan dari karang taruna pengelola pasar tradisional akan terbantu ketika mengelola pasar tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tindakan Rasionalitas Instrumental karang taruna dalam pengelolaan Pasar Tradisional desa pengarasan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, 2) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi Karang Taruna dalam pengelolaan Pasar Tradisional Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial dari Max Weber yang masuk dalam tipe tindakan sosial rasionalitas instrumental, tipe tindakan ini berdasarkan pada pilihan yang sadar (masuk akal) yang berhubungan dengan tujuan tindakan itu dan alat yang dipergunakan untuk mencapainya, penulis hanya merelevansikan satu teori yang mempengaruhi partisipasi karang taruna dalam pengelolaan pasar tardisional. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang akan menggambarkan partisipasi karang taruna dalam pengelolaan pasar tradisional. Menggunakan sumber data primer yang berupa kata-kata hasil dari wawancara. Teknik pengumpulan data yang diambil yaitu Observasi non partisipan, Wawancara terstruktur, dan Studi Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi dan Kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tindakan rasionalitas instrumental yang dilakukan oleh karang taruna sudah melalui pertimbangan untuk mencapai suatu tujuan dan cara yang akan ditempuh dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan pasar tradisional, sehingga kekurangan dalam pengelolaannya sendiri berupa kekurangan anggota yang akan membantu petugas disetiap bidangnya. Faktor pendukung dalam partisipasi karang taruna dalam mengelola pasar tradisional desa pengarasan yaitu membantu petugas penataan tempat untuk pedagang, membantu petugas kebersihan dalam membersihkan sampah dagangan, membantu dalam penarikan retribusi. Faktor penghambat partisipasi karang taruna dalam mengelola pasar tradisional yaitu kurangnya kordinasi dalam mengelola parkiran, mengatur lalu lintas jalan, sehingga sering terjadi kesemrawutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Karang Taruna; Tindakan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: adib dinul haq
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:45
Last Modified: 03 Mar 2021 06:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37429

Actions (login required)

View Item View Item